Bumdesa Desa Seling ikuti pelatihan pengelolaan Bumdesa di BBLM Yogyakarta

Bumdesa Desa Seling ikuti pelatihan pengelolaan Bumdesa di BBLM Yogyakarta

KEBUMEN ON NEWS - BBLM Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan pengelolaan Bumdesa sebanyak 3 angkatan yaitu 10,11,dan 12 yang dilaksanakan di kantor BBLM Yogyakarta pada tanggal 26-31 Maret 2019.


Pelatihan Pengelolaan Bumdesa ini di ikuti sebanyak 90 Peserta dari 6 Kabupaten yaitu untuk angkatan 10 dari Kabupaten Batang dan Semarang, angkatan 11 dari Kabupaten Kebumen dan Boyolali sedangkan Angkatan 12 dari Kabupaten Pati dan Jepara.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Balai Besar Latihan Masyarakat Yogyakarta Dra. Erlin Chaerlinatun. Pelatihan yang berlangsung selama 6 hari peserta diberikan pembelajaran teori dengan metode ceramah, diskusi kelompok, simulasi, dan tanya jawab. Adapun materi pembelajaran adalah  Undang-undang Desa dan pengembangan Ekonomi Lokal, konsep dasar Bumdes, Alur Pendirian Bumdes, Persiapan Pendirian Bumdesa, Kajian Aset dan Potensi Desa, Strategi memlih dan menentukan Jenis Usaha, merumuskan Visi Misi dan target Bumdes, permodelan bisnis dan perencanaan usaha Bumdesa, pengertian dan persamaan Dasar Akuntansi, Perencanaan Keuangan dan penyusunan laporan keuangan.

Dalam pelatihan ini Peserta sangat antusias dan semangat mengikuti pembelajaran, karena sangat bermanfaat untuk memajukan BUMDesa di masing-masing desanya. Selain kegiatan pembelajaran di kelas, peserta juga mendapat kesempatan untuk kunjungan lapang. Hal ini untuk menambah wawasan baru dengan melihat secara langsung pengelolaan dan keberhasilan BUMDesa tempat kunjungan lapang, sehingga diharapkan peserta meningkatkan motivasinya, kreasi, dan modifikasinya yang dapat diterapkan di BUMDes di Desa nya masing-masing.

"Demikian seperti dilaporkan oleh ADITIA PURNOMO dari Desa Seling Kecamatan Karangsambung Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."