Wabup Arif Sugianto Pimpin Rakor TKP2KD

Wednesday, 12 June 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Wakil Bupati (Wabup) Kebumen H.Arif Sugianto SH didampingi Sekda H.Ahmad Ujang Sugiono SH memimpin Rapat  Koordinasi Tim Koordinasi Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKP2KD) di Ruang Jatijajar, Kompleks Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (12/6). Rakor dihadiri Asisten 2, Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Dispermades P3A, Bap3da serta jajaran instansi terkait lainnya.

Dalam rakor, Sekda H. Ahmad Ujang Sugiono SH mengatakan, persoalan kemiskinan di Kebumen sangat multi dimensi dan penanganannya harus dilakukan secara terpadu oleh seluruh stake holder terkait. "Angka kemiskinan kita berada diperingkat dua se-Jawa Tengah. Ada sekitar 208.660 jiwa atau  52.000 Rumah Tangga Miskin (RTM) yang harus ditangani secara bersama-sama," ujar Sekda.

Terkait penanganan kemiskinan ini, Kepala Dinsos Kebumen dr. Budi Satrio M.Kes mengatakan perlu pembangunan mental masyarakat untuk bangkit dari kemiskinan. "Segala bentuk bantuan dari pemerintah seperti ternak dalam kelompok usaha bersama (Kube) agar benar-benar dimanfaatkan dan dikembangkan sebaik-baiknya," jelas Kadinsos.

Sementara itu Kepala Bap3da Ir.Puji Rahayu mengatakan saat ini sudah diterbitkan Pemutakhiran Basis Data Terpadu (PBDT) dari Kementerian Sosial RI. Kebumen tinggal mengintegrasikan dan mensinkronisasikan data kemiskinan tersebut. Dengan integrasi dan sinkronisasi, diharapkan semua program pengentasan kemiskinan dapat tepat sasaran.

Dari beberapa paparan yang disampaikan, Wakil Bupati menanggapi agar segala bentuk program bantuan pemerintah dioptimalkan guna mempercepat proses pengentasan kemiskinan tersebut. Banyak potensi ekonomi yang bisa digali di Kebumen untuk mengatasi kemiskinan ini. Salah satunya adalah keberadaan Geopark Nasional Kebumen yang diharapkan memberi kontribusi signifikan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Karenanya pemerintah kabupaten berkomitmen akan membangun sarana prasarana dikawasan Geopark Nasional tersebut agar cepat berkembang. (mn)