BBVet Jogyakarta Beri Bantuan 468.450 Unggas Bagi 9.369 RTM Kebumen

Wednesday, 15 May 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Kementerian Pertanian RI melalui Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates Jogyakarta akan memberikan bantuan sebanyak 468.450 ekor ayam bagi 9.369 rumah tangga miskin (RTM) yang tersebar di 51 desa di 5 kecamatan yakni Kecamatan Sadang, Poncowarno, Karangsambung, Alian dan Kutowinangun. Hal ini dikemukakan Kepala BBVet, drh. Bagus Poermadjaja M.Sc kepada IN Fm sebelum mengisi kegiatan Sosialisasi Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Rabu (15/5).

"Pada Kamis (16/5) dan Jumat (17/5) tim kami sebanyak 45 orang akan melakukan survei langsung ke 9.369 RTM di 51 desa di 5 kecamatan. Kuota ini sesuai dengan database dari Kementerian Sosial RI. Jika data tersebut sudah valid, maka  sejumlah bantuan langsung kami berikan," ujar drh.Bagus Poermadjaja M.Sc.

drh. Bagus Poermadjaja M.Sc  menjelaskan, sejumlah bantuan yang diberikan kepada RTM tersebut adalah unggas/ayam sebanyak 468. 450 ekor atau masing-masing RTM mendapatkan 50 ekor, pakan 1.405.350 kg, 9.369 paket obat dan 9.369 kandang.  "Khusus untuk bantuan kandang,  masing-masing RTM mendapatkan Rp.500 ribu yang harus digunakan untuk pembuatan kandang. Dana ini nanti akan didistribusikan melalui UPKK. Dan  selanjutnya kami akan melakukan pemantauan secara periodik kepada RTM penerima bantuan guna mengetahui perkembangan usaha ternaknya," ungkap drh. Bagus oermadjaja M.Sc.

drh. Bagus Poermadjaja M.Sc mengatakan, bantuan ini merupakan upaya Pemerintah RI dalam menekan angka kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat RTM agar dapat hidup sejahtera. "Selama ini kemiskinan masih menjadi persoalan krusial dan pekerjaan rumah (PR) bagi pemerintah daerah. Dan secepatnya persoalan ini harus segera diatasi bersama," ujar drh.Bagus Pormadjaja M.Sc.(mn)