Kebumen Raih Sertifikat Eliminasi Malaria

Tuesday, 14 May 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Pemerintah Kabupaten Kebumen memperoleh sertifikat eliminasi malaria dari Kementerian Kesehatan RI dalam acara Peringatan Hari Malaria Sedunia 2019 di Desa Budaya Kertalangu, Denpasar Bali pada Senin 13 Mai 2019. Sertifikat diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Prof. Dr. Nila F Moeloek SpM kepada Wakil Bupati Kebumen H.Arif Sugianto SH  sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan  Pemerintah Kabupaten Kebumen yang selama tiga tahun berturut-turut  memberantas penyebaran penyakit malaria.

Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, dr. Hj. Rini Kristiani M.Kes kepada IN Fm mengatakan, pemberian sertifikat ini merupakan  upaya keras seluruh jajaran dinas kesehatan serta OPD terkait yang selama ini secara terus menerus memberikan pemahaman dan tindakan nyata dalam memberantas penyakit malaria,  baik mulai dari pencegahan perkembangbiakan nyamuk serta penanganan dan penyembuhan terhadap penderita.

Dengan raihan prestasi ini, dr.Hj.Rini Kristiani M.Kes berharap menjadi spirit dan motivasi bagi jajarannya agar terus meningkatkan kinerja. Apalagi pada tahun 2030 Pemerintah RI telah menargetkan  Indonesia harus bebas malaria dan Pemerintah Kabupaten Kebumen harus turut mendukung untuk merealisasikan target tersebut.

Kadinkes dr.Hj.Rini Kristiani M.Kes berpesan kepada seluruh lapisan masyarakat Kebumen agar tetap berkomitmen dalam menjaga kesehatan lingkungan sekitarnya. Masyarakat agar selalu berperilaku hidup sehat dan bersih dalam kehidupan sehari- hari, baik di tingkat keluarga dan lingkungan kerja guna menghindari berbagai macam penyakit menular yang berbahaya.(mn)