Danrem 072 Buka Latihan Gladi Posko 1 KODIM 0709 Kebumen

Tuesday, 7 May 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Komandan Resort Militer (Danrem) 072 Pamungkas Sakti, Brigjen.TNI. M. Zamroni secara resmi membuka Latihan Posko I Kodim 0709 Kebumen Pamungkas Sakti LXXII 2019 di Hotel Mexolie Kebumen, Selasa (7/5). Hadir dalam acara pembukaan seluruh Dandim di jajaran Korem 072, jajaran Polres, Kepala BPBD Kebumen  serta institusi terkait lainnya.

Danrem 072 Brigjen.TNI. M. Zamroni dalam sambutannya mengatakan, pelatihan ini sangat penting karena Geladi Posko I merupakan salah satu metode Geladi Taktis untuk melatih bagaimana unsur pimpinan dan staf dalam melaksanakan prosedur hubungan kerja sehingga dapat terjalin kerja sama secara sistematis dalam menuangkan mekanisme kerja sesuai dengan bagian masing-masing dan berjalan dengan baik dan benar.

Menurut Danrem Brigjen TNI M.Zamroni,  Korem  072/Pamungkas sebagai bagian dari Kodam IV Diponegoro dituntut agar mampu membentuk prajurit yang profesional, efektif, efisien dan modern yang mengandung arti bahwa prajurit disemua tingkatan diharapkan mampu secara proaktif merealisasikan tugas pokoknya secara tepat dilapangan sesuai dengan tugas serta fungsi masing-masing.

"Pelatihan ini salah satu cara untuk meningkatkan kualitas personil dengan melatih prosedur hubungan komandan dan staf dalam menghadapi dinamika operasi yg sedang dihadapi melalui mekanisme latihan yang diasumsikan seperti kondisi riil di lapangan," jelas Danrem.

Danrem menambahkan, tugas TNI salah satunya adalah membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan. Dengan demikian perlu kesiapsiagaan dari aparat Satkowil, khususnya Dandim dan para staf Kodim agar senantiasa profesional, tanggap dan handal dalam membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberi bantuan di wilayahnya.

Latihan Posko I yang dipusatkan di Aula Kodim 0709 dengan tema "Penanggulangan Banjir dan Tanah Longsor di Wilayah Kabupaten Kebumen" ini diikuti 5 dari 10 Kodim yang berada di jajaran Korem 072. Kelima Kodim tersebut adalah Kodim Kebumen,  Wonosobo, Magelang,  Bantul dan Kodim Jogyakarta. Sedangkan untuk Kodim Gunung Kidul, Kulonprogo, Sleman, Purworejo dan Temanggung direncakan tahun depan akan melaksanakan kegiatan yang sama. Adapun pelaksanaan Latihan Posko I tahun ini berlangsung selama tiga hari, yakni mulai Selasa (7/5) hingga Kamis (9/5). (mn)