Semangat Persatuan Dan Kesatuan Harus Tetap Dijaga

Thursday, 2 May 2019 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Sosialisasi / Dialog bertajuk "Memperkokoh Nilai - nilai Pancasila Melalui Penguatan Budaya dan Kearifan Lokal " di Hotel Grafika, Gombong, Kamis (2/5). Kegiatan ini diikuti 200-an peserta terdiri dari perangkat desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, generasi muda dan unsur lainnya dengan narasumber Budayawan Banyumas, Tohari serta Asisten 1 Drs.Hery Setyanto.

Kepala Kantor Kesbangpol Kebumen, Nurtaqwa Setiabudi SH yang mewakili Bupati KH.Yazid Mahfudz dalam membacakan sambutan tertulis Bupati mengatakan, semangat nasionalisme dan kebangsaan harus terus dipertahankan. "Nasionalisme, rasa cinta tanah air dan rasa bangga sebagai Bangsa Indonesia harus ditanamkan. Termasuk didalamnya adalah bagaimana memahami, menghayati dan mengamalkan Pancasila sebagai dasar negara kita," ujar Nurtaqwa Setiabudi SH penuh semangat.

Nurtaqwa menjelaskan, butir-butir / sila Pancasila yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan budaya bangsa Indonesia. Sebagai dasar negara, Pancasila mencerminkan kepribadian Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan budayanya.

"Lima sila Pancasila harus dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dalam mencapai kesepakatan dilakukan musyawarah terlebih dahulu sebagaimana dicerminkan dalam sila ke-empat Pancasila. Dalam pembagian warisan harus adil sebagaimana tercermin dalam sila ke-lima, melakukan kegiatan muyi tercermin dalam sila ke-dua dan seterusnya," ujar Nurtaqwa.

Karenanya, Nurtaqwa berharap melalui kegiatan ini sebagai warga bangsa harus menjaga dan mempertahankan nilai-nilai tersebut agar kokoh dan terjaga hingga generasi penerus yang akan datang. "Kegiatan ini akan memberi arti penting penguatan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal sehingga berdampak pada peningkatan kehidupan sosial," tutup Nurtaqwa.(mn)