Dispermades Kebumen Gelar Rakor Persiapan Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi

Thursday, 18 May 2017 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dispermades P3A) Kabupaten Kebumen menggelar rapat koordinasi (rakor) persiapan Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah di ruang rapat Dispermades Jl.HM Sarbini No.22 Kebumen, Kamis (18/5).

Rakor dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Permades Mohamad Amirudin S.IP, MM dan dihadiri 22 peserta utusan dari dinas terkait, Kecamatan Petanahan, Pemerintahan Desa dan BPD Desa Petanahan.

Kasi Administrasi Desa Dispermades P3A, Bawono Andi Widodo S.STP mengatakan sesuai dengan amanat Permendagri No.18 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan, maka Pemerintahan kabupaten Kebumen menyelenggarakan dan mengikuti kegiatan lomba desa tingkat provinsi Jawa Tengah.

"Saat ini kita sudah masuk tiga besar penilaian lomba desa. Karena itu melalui rakor ini kita dapat mematangkan persiapan untuk memenangkan lomba desa tersebut," ungkapnya.

Andi menjelaskan, dalam rakor ini ada sejumlah agenda yang dibahas, diantaranya adalah persiapan tertib administrasi, penataan lingkungan, penyelenggaraan dan persiapan inovasi dari segala potensi yang dimiliki desa Petanahan.

"Rakor ini untuk mendukung dan mewujudkan nawacita Pemkab Kebumen dalam meraih prestasi lomba desa di tingkat provinsi Jawa Tengah. Diharapkan dari hasil rapat ini baik OPD terkait, Kecamatan dan Pemerintahan desa dapat bekerjasama secara sinergis dalam mempersiapkan dengan matang untuk memenangkan penilaian lomba desa yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Mei 2017 oleh tim penilai dari provinsi, akademisi dan PWI Jawa Tengah," papar Andi.

Andi menambahkan, Desa Petanahan sudah masuk tiga besar dari 15 peserta lomba. Dan beberapa waktu lalu tim penilai dari provinsi juga telah melakukan verifikasi administrasi dan lapangan. Dari hasil verifikasi itulah akhirnya Desa Petanahan masuk ke tiga besar lomba desa se-provinsi Jawa Tengah.(admin/mn)