Hari Ini TP PKK Kabupaten Kebumen Maju Lomba Cipta Menu B2SA Di Semarang

Tuesday, 16 May 2017 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Bertempat di Gedung Wanita semarang , Tim lomba Cipta Menu B2SA Kabupaten Kebumen bertanding dengan 34 lainnya di Jawa Tengah. Sedangkan pemenang lomba ini akan mengikuti seleksi nasional, yang pemenenangnya akan diundang  pada rangkaian kegiatan peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2017 di Pontianak, Oktober mendatang.

Dalam keterangannya, Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Ir. Hj. Pudjirahaju, ditengah-tengah kegiatan mendampingi tim yang ikut lomba, menyatakan optimis. "Selain aspek aestetik, dalam lomba ini juga menekankan keragaman, kandungan nilai gizi, seimbang dan aman. Untuk itu kami mohon doa restunya" demikian penjelasan Kadistapang.

Pada kesempatan lomba kali ini, Tim Kebumen menggangkat potensi lokal seperti menu dawet jambu kristal, sirup bunga teleng merupakan bunga yg mudah tumbuh sebagai tanaman pagar.

Dari aspek pemenuhan kandungan gizi, Tim Kebumen, menampilkan makanan sumber karbohidrat dari beras mutiara, dengan tampilan 3 warna yang diperkaya dengan vitamin buah naga dan ramuan kunyi. Dengan aroma daun pandan membuat tampilan menu yang menarik. Sementara itu, lauk yang disajikan adalah sate tempe dan sate somay dari ikan tenggiri dengan bumbu khas sate ambal menghadirkan sensasi rasa yang nikmat. Untuk menu sayur, disajikan sayur sop dengan bahan dasar tahu dan jamur, wortel, merupakan kombinasi bahan makanan kaya vitamin dan mineral.

Ternyata belum juga selesai, masih ada menu snack. Tim Kebumen, melengkapi hidangannya dengan snack pie kacang merah dengan saus mangga, dan puding sebagai makanan penutup dari bahan swtrawbery dan buah naga putih sbg pelengkap serat dan antioksidan.

"Dengan hidangan menu lomba ini harapannya dapat meningkatkan kesehatan masyarakat kebumen" jelas Bu Pudji, panggilan akrab Kadistalang Kebumen itu.(admin/ca)