Bupati Kebumen Canangkan BBGRM Ke-14 Dan Peringati HKG PKK Ke-45 Di Desa Mulyosri Prembun

Tuesday, 16 May 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Bupati Kebumen Ir.HM Yahya Fuad mencanangkan kegiatan bulan bakti gotong royong masyarakat (BBGRM) ke-14 sekaligus memperingati hari gerak kesatuan PKK ke-45 di Desa Mulyosri Kecamatan Prembun, Selasa (16/5). Dalam kegiatan ini Bupati Ir.HM Yahya Fuad SE didampingi sejumlah pejabat dinas serta jajaran instansi terkait lainnya.

Sebelum memulai sambutan, Bupati didapuk untuk memberikan bantuan sembako secara simbolik kepada salah satu warga desa. Bantuan sembako ini merupakan sponsor dari sejumlah bank pemerintah, Baznas Kebumen serta dari berbagai instansi lainnya.

Dalam sambutan, Bupati mengatakan untuk mempercepat proses pembangunan sangat dibutuhkan peran aktif masyarakat. Karena itu program BBGRM ini diharapkan memberikan banyak manfaat bagi kepentingan masyarakat.

"Melalui BBGRM dan HKG PKK mari kita perkokoh integritas sosial bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan kehidupan masyarakat. Bangkitkan kembali semangat kebersamaan dan gotong royong dalam setiap gerak pembangunan. Mari kita terus tingkatkan partisipasi dengan semangat gotong royong menuju pembangunan desa yang berintegrasi, mandiri dan sejatera," ajak Bupati.

Bupati juga menambahkan, gotong royong adalah kerjasama yang tidak hanya secara fisik, namun juga bathin dengan rasa kekeluargaan. Artinya, gotong royong ini tak hanya menyentuh pada kebutuhan lahiriah semata, akan tetapi juga batiniah. "Budaya gotong royong, sejatinya telah diajarkan Islam dalam salah satu ayat di Al Qur'an. Saling tolong nenolonglah kita dalam kebaikan dan meraih ketakwaan," ujar Bupati.

Usai memberikan sambutan, Bupati secara resmi membuka kegiatan ini dengan memukul kentongan.

Adapun sejumlah kegiatan dalam BBGRM dan HKG PKK ini meliputi sosial kemasyarakatan, ekonomi kerakyatan, sosial budaya, agama dan lingkungan hidup. Sejumlah dinas yang terlibat dalam gerak pembangunan di desa ini diantaranya adalah Dispermades dan Dinas Pertanian dan Pangan (Distapang).

Dispermades memberikan bantuan pembangunan rumah tidak layak huni. Sedangkan Distapang yang dalam acara ini dihadiri oleh sekertaris dinas Ir.Gunadi mengatakan memberikan bantuan melalui program P2KP untuk 31desa dengan total bantuan senilai Rp.356 juta.

"Bantuan ini dalam bentuk bibit tananan, benih, ternak kecil dan lainnya," kata Ir. Gunadi.(admin/mn)