UN Tingkat SD/MI Serentak Dilaksanakan Hari Ini Di Kebumen

Monday, 15 May 2017 / Berita Terkini

Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI) negeri dan swasta sekabupaten Kebumen serentak dilaksanakan hari ini, Senin (15/5). UN ini akan berlangsung selama sepekan mulai 15 Mai hingga 21 Mai 2017. 

Kepala SD Negeri 4 Karanganyar Yuyun Sumartono Spd mengatakan, ujian sekolah ini terbagi menjadi empat mata palajaran berstandar nasional yakni matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Agama, sedangkan empat mata pelajaran lainnya berstandar lokal yakni IPS, PKN, Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris.

"UN tingkat SD/MI selama ini tetap berbasis kertas dan pinsil. Hal ini lebih memudahkan bagi anak-anak untuk mengerjakan soal dibanding dengan mengaplikasikan komputer," ungkapnya.

Yuyun mengatakan pada tahun ini sebanyak 39 anak didiknya mengikuti UN."Kami berpesan pada anak murid agar tetap tenang dan berdoa agar dapat mengerjakan soal dengan baik. Hal ini agar mendapatkan hasil ujian dengan nilai yang terbaik bagi dirinya juga prestasi sekolah,"katanya.

Pada tahun 2016 lalu hasil rata-rata UN SDN 4 Karanganyar berada di peringkat satu sekecamatan Karanganyar.

"Angka persisnya saya lupa, yang pasti rata-ratanya dikisaran 70-an. Prestasi ini kami harapkan dapat dipertahankan oleh anak-anak pada tahun ini," harapnya.

Untuk hari pertama UN yang diujikan adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia, hari kedua Matematika dan hari-hari berikutnya adalah IPA, Agama, PKN, IPS dan hari terakhir Sabtu (21/5) mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Jawa.(admin/mn).