Menggali Ilmu dan Inspirasi di Roemah Martha Tilaar

31 Maret 2015 10:10:31 WIB / Artikel / Sigit Tri Prabowo

Menimba Ilmu dan Inspirasi di Roemah Martha Tilaar

Oleh : Sigit Tri Prabowo

Semenjak dibuka pada 6 Desember 2014 kemarin, Roemah Martha Tilaar terus berbenah untuk mewujudkan rumah ini sebagai sarana wisata edukasi, rumah budaya sekaligus salah satu pusat pemberdayaan masyarakat.

Salah satu simpul yang tengah digarap adalah menjadikan Roemah Martha Tilaar sebagai wahana pembelajaran soal lingkungan hidup. Hal ini tak lepas dari tema besar yang diangkat Roemah Martha Tilaar tahun ini yaitu ‘Ketahanan Keluarga’. Saat ini ada dua tema yang sudah disiapkan yaitu mengenai sampah dan pelestarian ruang hijau/keragaman vegetasi.

Untuk sementara wahana yang disiapkan diarahkan kepada anak-anak (usia TK, SD, SMP) dengan harapan dalam diri mereka akan tertanam benih-benih kecintaan kepada lingkungan. Di masa mendatang diharapkan akan diwujudkan pula kegiatan yang mengarah ke kelompok lain seperti remaja dan ibu rumahtangga.

Tim RMT mengemas wahana tersebut dalam bentuk yang menarik dan interaktif sehingga anak-anak terdorong untuk terlibat dan mengalami proses pembelajaran itu sendiri. Semisal, ketika berbicara mengenai pemilahan sampah, anak-anak diajak berlomba memilah berbagai jenis sampah yang sebelumnya sudah disiapkan oleh tim. Kemudian pesan-pesan lingkungan disampaikan lewat nonton bareng film animasi dan pentas wayang bocah serta teater boneka. Saat ini sudah ada beberapa sekolah yang memanfaatkan fasilitas ini, baik dari wilayah Gombong bahkan juga dari luar kabupaten.

Roemah Martha Tilaar yang berlokasi di Jl. Sempor Lama 28 Gombong relatif mudah dijangkau apapun moda transportasi yang dipakai. Jika menggunakan angkutan umum bisa berhenti di pertigaan Sempor Lama kemudian berjalan kaki 50 meter ke utara. Sedangkan bagi pengguna kendaraan pribadi dapat masuk lewat jalan Sempor Baru kemudian dari Terminal Bis ambil arah Timur sampai perempatan SMA Gombong belok kanan.

Roemah Martha Tilaar buka setiap hari pukul 09.00 – 16.00, libur pada hari Senin. Untuk pengunjung rombongan disarankan melakukan reservasi terlebih dahulu ke Telp. 0287-473313 atau Hubungi Sdr. Toni di HP. 0816887406.

***