Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

15 August 2017 11:17:06 WIB | dikirim oleh : Admin
DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP

Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga

DisperkimLH - Bertempat di Aula Kelurahan Tamanwinangun Kecamatan Kebumen, Selasa (15/8), Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Prov. Jateng bekerjasama dengan Dinas PerkimLH Kabupaten Kebumen menyelenggarakan Sosialisasi dan Pelatihan Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.

Sosialisasi diikuti oleh 50 peserta dari perwakilan bank sampah sekolah/desa dan PKK dari 9 desa pendukung adipura. Penyelenggara menghadirkan narasumber Sri Harlina, SH (Direktur Bank Sampah WANI Gombong) dengan materi Manajemen Pengelolaan Bank Sampah, Yatinah (Bank Sampah WANI Gombong) dengan materi Pengolahan Sampah Anorganik menjadi Barang Layak Kreasi dan Ir. Purnomo Singgih (Ketua Gapoktan Makmur Sejahtera Karanganyar) dengan materi Pengolahan Sampah Organik menjadi Kompos.

Dalam sambutannya Kasi Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLHK Prov. Jateng, Ir. Tri Astuti, menyampaikan bahwa pelatihan kali ini merupakan bagian dari kegiatan pembinaan dan ketrampilan kerja masyarakat. Pelaksanaan pelatihan kali ini juga masih terkait dengan adanya bantuan sarpras dan pembangunan rumah pilah sampah dari DLHK Prov. Jateng di Bank Sampah Asri Kebumen yang secara simbolis telah diserahterimakan oleh Gubernur Jateng pada acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2017 di Kebun Raya Baturaden beberapa waktu yang lalu.

Melalui Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas LH Dinas PerkimLH Kebumen, Kristiana Marahastuti, SP mengharapkan agar peserta pelatihan bisa memanfaatkan dengan menyerap ilmu yang disampaikan pemateri untuk dapat ditularkan ke lingkungan sekitar. Diharapkan dengan adanya sosialisasi dan pelatihan ini, permasalahan sampah dapat perlahan teratasi. Perlu diketahui pengelolaan sampah menjadi salah satu penilaian yang mempunyai grade yang tinggi pada Program Adipura. Penilaian tahap I (P1) Adipura Tahun 2017/2018 direncanakan sekitar bulan Oktober-November.

Pada kesempatan itu Tim DLHK Prov. Jateng juga melakukan peninjauan ke Bank Sampah Asri Tamanwinangun Kebumen untuk melihat sejauh mana pemanfaatan bantuan sarpras dan bangunan rumah pilah sampah. (Hj)