Dukcapil Kebumen mengungkap identitas Korban Kejahatan

19 June 2017 14:47:31 WIB | dikirim oleh :
DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

Dukcapil Kebumen mengungkap identitas Korban Kejahatan

Kebumen – Kamis 15/06/2017 Tim Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kebumen  mendatangi Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong. Tujuan kedatangan tak lain melakukan identifikasi mayat Perempuan yang ditemukan di bawah jembatan hutan Pinus  Ds.Kenteng Kecamatan Sempor. 

Proses identifikasi dilakukan menggunakan Alat Cek Biometrik yang dapat membaca Data Biometrik. Data Biometrik ini Merupakan data penduduk yang disertai dengan ciri-ciri tubuh berupa sidik jari, iris mata dan wajah penduduk yang telah melakukan Perekaman KTP elektronik.

Cara kerja Cek Biometrik yaitu terhubung dengan pusat data system KTP-el. Sehingga, seluruh data penduduk asalkan sudah memiliki KTP elektronik akan terpantau secara langsung. Cukup dengan menempelkan alat pada iris mata atau sidikjari asalkan sudah melakukan perekaman KTP elektronik maka data identitas lengkap penduduk akan muncul.

Dari Hasil Cek Biometrik diketahui bahwa Jenazah bernama Basiyem 51 tahun berstatus kawin dan pekerjaan sebagai Buruh Peternakan warga Desa Jati kecamatan Binangun–cilacap. Setelah di ketahui informasi Jenazah selanjutnya diserahkan identitas kepada Pihak Kepolisian untuk penangan lebih lanjut.

Dari kejadian ini dapat disimpulkan data Kependudukan merupakan sesuatu yang sangat penting sebagai alat verifikasi dan validasi data jati diri penduduk. untuk itu segera lakukan perekaman KTP elektronik dan urus Dokumen kependudukan terbaru.