Wajib Kunjung Perpustakaan

13 June 2017 15:16:31 WIB | dikirim oleh : Bermansyah Aulia Hartwan
DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN

Kebumen (13/6/2017)- Membaca merupakan membuka jendela dunia, itulah istilah untuk memotivasi seluruh masyarakat untuk gemar membaca. Dengan Membaca kita mendapatkan banyak informasi dan mempunyai wawasan serta pengetahuan yang luas. Untuk meningkatkan layanan yang PRIMA kepada masyarakat Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DISARPUS) Kabupaten Kebumen mempunyai program inovasi layanan publik (INOVIK) Tahun 2017 yaitu AKADEMI KRIYA dan KUPU-KUPU MALAM. AKADEMI KRIYA merupakan program inovasi layanan masyarakat yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DISARPUS) Kabupaten Kebumen dari Buku menjadi Karya. Akademi Kriya menyasar masyarakat umum dengan mengadakan kegiatan pelibatan masyarakat dimana masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas dan sarana yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DISARPUS) Kabupaten Kebumen serta mengikuti pelatihan-pelatihan yang ada.

Sedangkan KUPU-KUPU MALAM akronim dari KU kunjungi perPUstakaan, KU PUnya pengetahuan dan pengaLAMan. KUPU-KUPU MALAM dengan kegiatan Wajib Kunjung Perpustakaan yang menyasar khusus pada pelajar seluruh Kabupaten Kebumen, terutama PAUD/TK, SD, dan SMP. 

Wajib Kunjung Perpustakaan pada hari ini Selasa, 13 Juni 2017 dari SMP N 2 Gombong sebanyak 180 Siswa serta 8 Guru Pendamping. Mereka mengunjungi DISARPUS KEBUMEN menggunakan armada Mini Bus berjumlah 10 kendaraan. Kunjungan disambut langsung oleh Kepala Seksi (KASI) Layanan dan Pengembangan Koleksi Budi Harjono, SE dan Kepala Seksi (KASI) Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Siti Honimah, SE., MM. Dalam sambutannya beliau mewakili Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kebumen sangat mengapresiasi animo masyarakat (Pelajar Kebumen) yang sangat luar biasa untuk datang ke Perpustakaan. Perpustakaan sebagai pusat informasi dan belajar, serta tempat berkegiatan masyarakat. Masyarakat dapat memanfaatkan semua fasilitas yang ada seperti : Ruang Baca yang representatif, Koleksi Bahan Pustaka yang banyak, Ruang Anak, Ruang Diskusi, Ruang Audio Visual, Ruang Diskusi, Ruang Refrensi, Ruang Komputer, Ruang Aula, Ruang Museum, Ruang Teater, Layanan Komputer dan Internet, WIFI, Gazebo, Mushola, Air Mancur. Kegiatan Wajib Kunjung Perpustakaan dimulai dari penerimaan, Mengisi Daftar Hadir Pengunjung di Sistem, Pembuatan Kartu Anggota Perpustakaan, Membaca Buku, Membuat Sinopsis Buku yang Telah Dibaca, Wisata Edukasi dengan berkeliling memanfaatkan semua fasilitas yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Kebumen, Menyaksikan pemutaran film edukasi.