UKM Kebumen Dituntut Mampu Memasarkan Produknya Secara Online

6 February 2018 11:06:01 WIB | dikirim oleh : widi
DINAS TENAGA KERJA DAN KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH

Dinas Nakerkukm Kab. Kebumen menyelenggarakan Kegiatan Sosialisasi Sadewa Market (Marketing Online) bagi pelaku UKM di Kabupaten Kebumen. Acara diselenggarakan pada hari Kamis, 1 Februari 2018 di Hotel Meotel Kebumen,dan diikuti oleh 35 peserta dari pelaku UKM di wilayah Kabupaten Kebumen.

Narasumber Bp. Arif Budianto, SE dan Bp. Zulfikar, S.Kom dari UKM Centre Provinsi Jawa Tengah. 


Dalam kegiatan tersebut peserta diberikan pemahaman tentang pentingnya sarana teknologi internet guna meningkatkan daya saing dan jaringan pemasaran UKM. 

Promosi dan pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi dengan sarana marketplace online, yang secara khusus dibuat bagi UKM di Jawa Tengah. 

Nama portal ecommercenya sadewamarket.cyberumkm.com.


Peserta juga mendapatkan sosialisasi tentang penggunaan Sadewa Market dari UKM Center Jawa Tengah. Selanjutnya dipandu dalam pembuatan dan pengelolaan akun toko yang didampingi oleh para konsultan pendamping CIS Kebumen.


Sadewa Market sendiri merupakan portal ecommerce berbasis NIK (Nomor Induk Kependudukan), sehingga dikhususkan bagi pelaku usaha yang berasal dari masyarakat Jawa Tengah. 

Selain itu pula, secara khusus terhubung dengan Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) dengan harapan pelaku UKM yang sudah berkontribusi sebagai pelapak di Sadewa Market pun bisa mengakses pembiayaan permodalan secara online, tentu bila telah memenuhi kriteria yang diberlakukan sesuai prosedur dalam Sadewa Market.


Narasumber UKM Centre Provinsi Jawa Tengah Bp. Arif Budianto berharap kepada semua pelaku UKM di Kebumen bisa memanfaatkan HP Android yang dimiliki sebagai media pemasaran online melalui ecommerce sadewamarket.cyberumkm.com, sehingga proses pemasaran dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Semoga melalui sadewamarket ini mejadikan UKM di Kebumen semakin sejahtera dan meningkat.