Sosialisasi Persiapan Memasuki Dunia Kerja utamanya Pekerjaan ke Luar Negeri Sektor Formal

1 February 2018 09:42:08 WIB | dikirim oleh : widi
DINAS TENAGA KERJA DAN KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH

Puluhan siswa kelas 3 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  Negeri 1 Karangsari di Kebumen mengikuti Sosialisasi Mengenal Dunia Kerja. Bertempat di Aula SMK N 1 Karangsari Kebumen Sosialisasi khususnya penempatan tenaga kerja ke luar negeri di sektor formal disampaikan oleh Pengantar Kerja Disnakerkukm Kab. Kebumen, Bp. Ngusman, SE.

Bp. Ngusman, SE menyampaikan bahwa siswa yang telah lulus sekolah nantinya harus mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja. karena faktanya sekarang tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai harapan.

Pak Ngusman, SE memberikan gambaran bagaimanabekerja dimluar negeri dan cara bekerja ke luar negeri.

TKI Formal adalah tenaga kerja indonesia yang bekerja di perusahaan negara atau swasta yang berada di luar negara indonesia. Pekerjaan Formal diataranya bekerja di perusahaan/PT, Hotel, Kapal pesiar, pengeboran dll.


Untuk bekerja di luar negeri sektor formal  harus sesuai aturan atau prosedural sesuai ketentuan aturan yang berlaku, dengan memenuhi syarat-syarat CTKI harus terdaftar di Dinas Tenaga Kerja, melalui PPTKIS yang jelas, medical Checkup yang benar, Negara tujuan juga harus jelas.

Sistem gajipun jelas dengan UMR yang telah disepakati oleh pekerja dengan penyalur sebelum keberangkatan. 


Sosialisasi ini bermaksud sebagai bekal para siswa kejuruan dalam menghadapi dunia kerja, dan bagaimana gambaran diluar negeri.

Bp. Ngusman, SE berharap dengan pembekalan ini angka pengangguran di Kab. Kebumen dapat berkurang, karena pekerjaan tidak hanya didalam negeri saja.