Gerakan Sejuta Biopori Disambut Antusias

27 November 2017 07:48:38 WIB | dikirim oleh : Admin
DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP

Gerakan Sejuta Biopori Disambut Antusias

DisperkimLH - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kebumen tak henti-hentinya mensosialisasikan Gerakan Sejuta Biopori. Kegiatan ini dilakukan secara rutin oleh Dinas Perkim-LH melalui Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL), salah satunya di desa Nampudadi Petanahan yang dilaksanakan Sabtu (25/11), diikuti sekitar 50 orang dari perangkat desa, PKK dan perwakilan masyarakat.

Sosialisasi dipimpin oleh Kepala Bidang PPKL Ifah Ismatul Banat, SPt. mewakili Kepala Dinas didampingi Kasi Pengendalian Pencemaran Lingkungan, Alfia Diananita Zulfa, ST, MT, M.Sc dan beserta staf.

Pada waktu sebelumnya telah dilakukan kegiatan yang sama di Desa Muktisari Kebumen dan pada berikutnya rencananya di Kecamatan Prembun. Pada acara tersebut Ifah menyampaikan tujuan sosialisasi untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat khususnya di daerah rawan banjir. Pembuatan biopori dimaksudkan untuk menabung air dalam tanah sekaligus resapan air untuk mengurangi banjir, menyuburkan tanah dan memanfaatkan sampah organik menjadi kompos, tambahnya.

Agar masyarakat lebih paham, masyarakat dilatih praktek pembuatan biopori sekaligus diberi bantuan alat pembuatan biopori dan paving biopori. Masyarakat mengaku senang dengan kegiatan sosialisasi ini karena mendapat ilmu baru dan dirasa sangat bermanfaat. Bahkan di desa Muktisari masyarakat dengan semangat langsung membuat biopori di halaman rumah masing-masing. (sek/hj)