Mahasiswa IAINU Kebumen KKN di Desa Sinungrejo

27 November 2017 13:31:21 WIB | Oleh : Suyatno - Kontributor : Sinungrejo, Ambal

Mahasiswa IAINU Kebumen KKN di Desa Sinungrejo



Kebumen on News - Senin, 27 Nopember 2017 bertempat di Balai Desa Sinungrejo berlangsung serah terima Mahasiswa KKN dari IAINU Kebumen yang diwakili oleh Maesaroh, M.Pd.I selaku Dosen Pembimbing Lapangan kepada Pemerintah Desa Sinungrejo yang diwakili Oleh Kades Mulyanto. Jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN tersebut adalah 11 mahasiswa terdiri dari 5 laki-laki dan 6 perempuan.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Dalam kegiatan KKN kali ini, Mahasiswa membuat rencana kegiatan yang terbagi menjadi 4 program yaitu Pengembangan Ekonomi Masyarakat Desa, Pengembangan LPI (Lembaga Pendidikan Islam), Pengembangan Agama dan Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat.

Setelah acara serah terima selesai, dilanjutkan dengan perkenalan dengan perangkat desa dan diskusi tentang rencana kegiatan. Kepala Desa mengingatkan kepada para mahasiswa akan arti pentingnya koordinasi dengan pihak Pemerintah Desa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Pada saat pelaksanaan kegiatan diharapkan antara mahasiswa dari IAINU Kebumen dan warga Desa Sinungrejo dapat saling bersinergi sehingga kegiatan dapat terlaksana dengan baik.

Adanya kegiatan KKN di Desa Sinungrejo, Kecamatan Ambal membawa harapan meningkatnya partisipasi warga dalam kegiatan desa, pemberdayaan masyarakat dapat meningkat dan adanya kemajuan serta kesejahteraan yang dirasakan oleh masyarakat desa. Disamping itu yang tidak kalah pentingnya adalah para mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan di lingkngan masyarakat sehingga ilmu yang didapat selama ini bisa mendatangkan manfaat.

Sumber : Pemerintah Desa

"Demikian seperti dilaporkan oleh Suyatno dari Desa Sinungrejo Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."