Waspada, hama wereng mengancam petani di Desa Klirong

Waspada, hama wereng mengancam petani di Desa Klirong

KEBUMEN ON NEWS, KLIRONG - Beberapa waktu yang lalu, diselenggarakan kegiatan Sekolah Lapang di Desa Klirong dengan tujuan utama salah satunya adalah agar petani bisa melakukan pengamatan dan pencegahan terhadap segala jenis hama dan penyakit pertanian secara mandiri,  sehingga tidak terjadi serangan hama dan penyakit pertanian secara meluas. Kegiatan tersebut sudah menunjukan keberhasilan, terbukti beberapa petani yang melakukan pengamatan di lahan persemaian padi sudah ada wereng coklat yang sudah dewasa, dan langsung dilaporkan kepada Pemerintah Desa oleh Pendamping Penyuluh Lapangan Pertanian Swadaya (Bapak Waris) dan berharap agar dilakukan penyemprotan masal di lahan persemaian padi yang sudah siap untuk ditanam. Dari laporan tersebut Pemerintah Desa berkoordinasi dengan Dinas Pertanian dan Pangan Wilayah Kecamatan Klirong dan segera dilakukan penyemprotan massal.

Dari penjelasan petugas bahwa Wereng Coklat, Wereng Batang Coklat merupakan salah satu hama tanaman padi yang paling berbahaya dan sulit dibasmi. Bersama beberapa jenis wereng lainnya seperti wereng hijau (Nephotettix spp.) dan wereng punggung putih (Sogatella furcifera), wereng batang coklat telah banyak merugikan petani padi bahkan mengakibatkan puso dan gagal panen. Wereng batang coklat, sebagaimana jenis wereng lainnya, menjadi parasit dengan menghisap cairan tumbuhan sehingga mengakibatkan perkembangan tumbuhan menjadi terganggu bahkan mati. Selain itu, wereng batang coklat (Nilaparvata lugens) juga menjadi vektor (organisme penyebar penyakit) bagi penularan sejumlah penyakit tumbuhan yang diakibatkan virus serta menyebabkan tungro. Karenanya diharapakan petani senantiasa waspada terhadap segala jenis serangan hama penyakit pertanian.

Kegiatan penyemprotan dilakukan pada hari Jum'at, 17 Nopember 2017 disemua lahan persemaian di wilayah Desa Klirong secara swadaya dengan mendapatkan bantuan obat secara gratis dari DISTAPANG. Hadir pula Bapak Giyono dari Distapang, beberapa personil Babinsa Koramil Klirong, Perangkat Desa dan Ketua Kelompok Tani. Semoga perhatian dan kepedulian dari Pemerintah Desa, Dinas Pertanian dan semua pihak yang terkait semakin besar terhadap petani sehingga kesejahteraannya semakin meningkat.


"Demikian seperti dilaporkan oleh PRIYO SUSANTO dari Desa Klirong Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen kepada Tim Liputan Kebumen On News."