Disporawisata Gelar Pelatihan Dan Uji Sertifikasi Kompetensi

Monday, 14 May 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Pariwisata (Disporawisata) Kabupaten Kebumen menyelenggarakan pelatihan dan uji sertifikasi kompetensi bidang pariwisata bagi para tenaga kerja terkait seperti biro/agen perjalanan wisata, kelompok sadar wisata, pengelola obyek wisata, hotel dan restoran se-kabupaten Kebumen di Hotel Mexolie Kebumen, Senin (14/5).

Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Kebumen, H.Agus Riyanto SE,M.Si mengatakan, kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan. Selain itu untuk menjamin kredibilitas bagi tenaga kerja sebagai pemegang sertifikat dalam melakukan sesuatu pekerjaan yang menjadi tugas dan tanggungjawabnya,  serta neningkatkan produktivitas dan daya saing di sektor pariwisata.

Agus juga menjelaskan, peserta pelatihan dan uji kompetensi ini diikuti 150 peserta yang terdiri dari kelompok sadar wisata sejumlah 57 orang, pengelola wisata 18 orang dan pengelola hotel-restoran sebanyak 75 orang. Pelatihan berlangsung dua hari mulai Senin (14/5) - Selasa (15/5) dengan metode pembelajaran berupa teori dan diskusi di hari pertama, selanjutnya tes tertulis, wawancara dan uji kompetensi pada hari kedua atau Selasa (15/5). Pada kegiatan ini juga dilakukan praktek cooking, making bed dan guiding. Hadir sebagai narasumber dalm pelatihan adalah dari lembaga sertifikasi profesi (LSP) Gunadharma Semarang.(adm/mn)