Hari Air Sedunia, Plt Bupati Kebumen Tanam Pohon Buah-Buahan

Wednesday, 18 April 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Plt Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz mengikuti peringatan Hari Air Sedunia Tahun 2018 dengan menanam pohon buah-buahan di sekitar Waduk Wadaslintang Desa Sendangdalem, Kecamatan Padureso, Selasa (17/4/2018). Selain sebagai upaya pelestarian lingkungan, pohon buah-buahan ditanam dengan harapan buahnya mampu menambah penghasilan warga sekitar.

 

Peringatan Hari Air Sedunia diikuti instansi pemerintah dan swasta, TNI, Polri, pendidik dan pelajar, serta masyarakat. Pohon yang ditanam antara lain pohon buah durian, kelengkeng, dan manggis.

 

Plt Bupati Kebumen meminta masyarakat merawat pohon yang ditanam, sekaligus giat menanam pohon karena hasilnya masyarakat pula yang akan menikmati. Tidak saja melindungi sumber air dari kekeringan dan mencegah bencana longsor, namun juga hasilnya berupa buah-buahan yang bisa untuk menambah penghasilan keluarga.

 

Hal senada disampiakan oleh Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO), Tri Bayu Aji. Menurutnya, sengaja ditanam pohon buah-buahan karena bukan batang pohonnya yang diharapkan, melainkan buahnya sehingga akan terus hidup. “Kalau yang ditanam pohon yang diharapkan kayunya, dalam 3 tahun atau 5 tahun pasti akan ditebang sehingga harus menanam lagi,” jelasnya. 

 

Upaya konservasi air dan tanah dengan menanam pohon, selain mengurangi terjadinya bencana tanah longsor, juga akan meningkatkan muka air tanah sehingga sumur di masyarakat menjadi tidak terlalu dalam. (adm/rth)