KPU Kebumen Gelar Sosialisasi Pendaftaran Dan Verifikasi Calon Perseorangan DPD Pada Pemilu 2019

Monday, 16 April 2018 / Berita Terkini

sosialisasi calon DPD.jpg

KEBUMENKAB.GO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen menggelar "Sosialisasi Pendaftaran dan  Verifikasi Calon Perseorangan  anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada Pemilu 2019 di Hotel Candisari Karanganyar, Senin (16/4). Hadir dalam kegiatan ini Ketua KPU Kebumen Paulus Widiyantoro SE, MM, pemateri DR.M.Khambali SH,MH, Perwakilan Parpol, Kesbangpol, tokoh masyarakat, perguruan tinggi serta undangan lainnya.

Menurut Ketua KPU Kebumen, Paulus Widiyantoro SE,MM, ada sejumlah tahapan dan syarat yang harus dipenuhi para calon anggota DPD pada Pemilu 2019. "Dari 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah, maka calon harus mendapat dukungan minimal 50%nya atau sebanyak 18 Kabupaten/Kota dengan total suara pendukung sebesar 5000 orang. Dukungan tersebut juga wajib dilampiri fotokopi KTP para pendukungnya yang nantinya juga akan diverifikasi secara administrasi maupun faktual," jelas Paulus.

Paulus menambahkan,  tahapan untuk pencalonan Anggota DPD untuk setiap provinsi terwakili 4 orang dengan berdasarkan dukungan jumlah pemilih.  Para calon  bisa mendaftar melalui online,  Sistem Informasi Pencalonan Peserta Perseorangan (SIPPP). 

Pada kesempatan yang sama, DR.M.Khambali SH,MH dalam presentesainya mengatakan dengan masuknya anggota partai politik menjadi anggota DPD maka tak ubahnya anggota DPD identik dengan anggota DPR. Padahal keberadaan  anggota DPD untuk penyeimbang anggota DPR. Artinya, kepentingan daerah bisa diperjuangkan oleh anggota DPD untuk menguatkan DPR.Karenanya anggota DPD semestinya dari tokoh daerah yang cukup memahami betul daerahnya masing-masing."Jika anggota DPD dari partai politik sama saja dengan anggora DPR. Hal ini akan rentan satu suara yang nantinya berdampak pada kemajuan pembangunan daerah. DPD punya kewenangan untuk mengurusi otonomi daerah," jelas DR.M Khambali SH,MH.(adm/mn)