DPU-PR Kabupaten Kebumen Fokus Membangun Infrastruktur Pendukung Pertumbuhan Ekonomi

Monday, 16 April 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Peran Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kebumen dalam upaya percepatan perluasan pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian adalah membuka akses wilayah-wilayah yang masih sulit dijangkau. 

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas PUPR Mohammad Arifin, SSi., MT dalam jumpa pers dengan wartawan di Press Center Senin pagi (16/04/2018).

Ditambahkannya, dengan dibangunnya infrastruktur berupa jalan,   utamanya di wilayah pegunungan maka pemasaran hasil pertanian akan lebih cepat yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat. 

Lebih jauh dikatakannya, pada Tahun Anggaran 2018 DPU-PR mengelola anggaran sebesar Rp 262.284.615.000,- yang terdiri dari Belanja Tidak Langsung 18.323.980.000,- dan Belanja Langsung sebesar Rp 243.960.635.000,-

Arifin merinci, untuk penanganan jalan lingkar utara yang merupakan kantong kemiskinan, disiapkan anggaran sebesar Rp 55 miliar untuk ruas jalan Wadasmalang - Slepi, Kenteng - Ketileng, Kebakalan - Giritirto dan beberapa ruas jalan lain. 

Selain itu, ruas jalan dan jembatan pendukung wisata juga mendapatkan perhatian pihaknya. Perbaikan ruas jalan dan jembatan yang menjadi akses menuju lokasi wisata, DPU-PR menyiapkan anggaran sebesar 27.319.755.000,-

Menurutnya, DPU-PR sangat memahami bahwa Kebumen adalah daerah agraris yang sangat membutuhkan air. Keberadaan Waduk Sempor dan Wadaslintang serta 5 Embung yang ada, dirasa belum cukup. Karenanya, DPU-PR pada tahun 2018 akan membangun 6 Embung tambahan dengan biaya Rp 8.762.000.000. Embung-embung tersebut akan dibangun di Desa Pandansari dan Penusupan Kecamatan Sruweng, Desa Tlepok Kecamatan Karangsambung, Desa Triwarno Kecamatan Kutowinangun, Desa Giritirto Kecamatan Karanggayam dan di Desa Srati Kecamatan Ayah. 

Pada bagian akhir penjelasannya, Arifin menegaskan, menyambut Lebaran, ruas jalan alternatif yang mengalami kerusakan akan dikebut perbaikannya. Arifin memastikan, jalan-jalan tersebut telah berada dalam kondisi baik sebelum lebaran. (im/adm)