45 Penyandang Disabilitas Rungu Wicara Ikut Pelatihan Wirausaha

Friday, 13 April 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Sebanyak 45 penyandang disabilitas  rungu wicara Kabupaten Kebumen mengikuti kegiatan pelatihan kewirausahaan selama 4 hari mulai Selasa (10/4) hingga Jumat (13/4) di Hotel Candisari Karanganyar. Pelatihan ini kerjasama antara Dinas Sosial & Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Kebumen dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Sosial RI,  Panti Sosial Bina Rungu Wicara (PSBRW) "Melati" Bambu Apus Jakarta.

Ketua Pelaksana kegiatan pelatihan dari UPT Kemensos,  Endang Wijayani mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan pelayanan dan rehabilitasi sosial kepada penyandang disabilitas rungu wicara dalam upaya pemenuhan hak-haknya."Kami akan  menumbuhkan dan meningkatkan keberfungsian sosial penyandang disabilitas agar lebih berdaya dan percaya diri dalam kehidupan masyarakat. Penyandang disabilitas rungu wicara harus dibekali pengetahuan, ketrampilan dan berkomunikasi agar dapat mengembangkan dirinya menjadi lebih bermanfaat bagi dirinya sendiri, lingkungan sekitar maupun masyarakat luas," jelas Endang.

Menurut Endang, ada beberapa kegiatan dalam pelatihan ini diantaranya adalah pelatihan ketrampilan kerajinan tangan, tata boga, komunikasi dengan bahasa isyarat, teori kewirausahaan, apresiasi seni dan lainnya. "Mereka yang telah mengikuti pelatihan ini nantinya akan kita bantu permodalan untuk berwirausaha. Dengan berwirausaha diharapkan dapat meningkatkan perekonomian kehidupannya di masa-masa mendatang. Mereka semua masih kategori usia produktif. Karena itu nanti kita akan lakukan pendampingan sampai mereka nanti benar-benar bisa mandiri," ujar Endang.

Menurut data dari Dinas Sosial & Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Kebumen, sampai saat ini terdapat 523 orang penyandang disabilitas rungu wicara yang tersebar di 26 kecamatan. Jumlah terbanyak di Kecamatan Kebumen sebanyak 36 orang, Kecamatan Klirong 33 orang dan Kecamatan Sempor 31 orang. Sedangkan total penyandang disabilitas se-Kabupaten Kebumen mencapai 10.923 orang dengan rincian diantaranya tuna daksa 2.232 orang, tuna netra 1.126 orang, tuna rungu 1.329 orang, tuna wicara 571 orang, Rungu wicara 523 orang.(mn/adm)