Bimtek Peningkatan Kualitas SDM Bidang Kesejahteraan Sosial Diikuti 78 Peserta

Monday, 12 March 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Sebanyak 78 peserta yang terdiri dari Kepala seksi Pelayanan Umum dan Kesejahteraan Sosial,  Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan mengikuti bimbingan teknis bertajuk "Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia" di Gedung PKK  Kebumen. Bimtek dibuka secara resmi oleh Plt.Sekda Kebumen, Drs.H.Mahmud Fauzi M.Si dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Sosial,  Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta perwakilan dari Panti Sosial Rehabilitasi Napza Baturaden, Jawa Tengah.

Plt.Sekda dalam membacakan sambutan tertulis Wakil Bupati KH.Yazid Mahfud mengatakan, TKSK dan PKH harus terus meningkatkan kinerja, kontribusi dan kerjasamanya secara sinergis dengan pemerintah kabupaten. Sebab, pembangunan kesejahteraan sosial tidak mungkin dilaksanakan oleh pemerintah sendiri.

"Banyak hal yang bisa dilakukan bersama secara lebih cepat apabila TKSK dan PKH sudah sejalan dengan penerintah. Antara Pemkab, TKSK dan PKH dituntut lebih jeli melihat berbagai potensi dan sumber permasalahan yang ada di masyarakat. Sumber permasalahan tersebut mesti dikelola dan dikoordinasikan menjadi sumber-sumber kesejahteraan sosial," ujar Plt.Sekda.

Selain Plt.Sekda juga menjelaskan, saat ini telah banyak kegiatan pengentasan kemiskinan yang sudah dilaksanakan pemerintah kabupaten, seperti pembangunan pasar rakyat, Embung, angkutan dan pengobatan gratis, sertifikasi tanah gratis, serta bantuan dari pemerintah pusat diantaranya penerima keluarga manfaat (PKM), E-Warung dan Kelompok usaha bersama. 

"Karena itu kami minta kepada Kasi pelayananan kesejahteraan, TKSK dan PKH agar terus meningkatkan pelayanan sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial. Lakukan koordinasi lintas sektoral, dan maksimalkan pemberdayaan ekonomi masyarakat untuk pemerataan dan pengurangan kesenjangan," kata Plt.Sekda.

Plt.Sekda juga mengingatkan terkait dengan Kabupaten Kebumen yang rawan bencana agar bisa diantisipasi dengan membangun kesiapsiagaan masyarakat untuk menghadapi bencana tersebut. "TKSK dan PKH harus mampu memberikan motivasi kepada masyarakat agar kebih kuat, yakni masyarakat yang bermental kaya, mandiri,  aktif memberdayakan diri dan tidak tergantung pada bantuan dari orang lain," harap Plt.Sekda.(adm/mn)