Pariwisata Mendorong Pertumbuhan Ekonomi

Wednesday, 14 February 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2018 di Kabupaten Kebumen diisi kegiatan sarasehan bertema ‘Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal Melalui Pengembangan Desa Wisata’. Tema tersebut dipilih karena sektor pariwisata merupakan sektor yang mampu mendorong perkembangan ekonomi daerah, terlebih lagi di Kabupaten Kebumen ada banyak potensi wisata yang layak dikembangkan.

 

Sarasehan yang berlangsung di Pendapa Rumah Dinas Bupati Kebumen, Selasa (13/2/2018), digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kebumen bersama Bagian Humas Setda Kebumen. Sarasehan diikuti berbagai unsur terkait dengan 3 narasumber, yakni peneliti dari Pusat Studi Pariwisata UGM Sotya Sasongko, pengelola Kawasan Hutan Wisata Pinus Sari RPH Mangunan Bantul, Purwo Harsono, serta penggagas Desa Wisata Pantai Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, yang juga Kades Karangduwur, Basir.

 

“Ada begitu banyak potensi wisata di Kabupaten Kebumen yang perlu dikembangkan. Dengan sarasehan ini, diharapkan pengelola desa wisata bisa lebih kreatif dan inovatif sehingga desa wisata di Kabupaten Kebumen semakin menarik untuk dikunjungi wisatawan," jelas Kabag Humas Setda Kebumen Sukamto bersama Ketua PWI Kebumen Komper Wardopo.

 

Apresiasi diberikan Staf Ahli Bupati Kebumen Bidang Kemasyarakatan dan SDM, RAI Ageng Sulistyo Handoko, saat membuka sarasehan mewakili Bupati Kebumen. “Wartawan tidak hanya dituntut mampu menulis atau membuat berita, tetapi juga ikut memberi solusi dalam pembangunan. Sarasehan seperti ini contohnya, apalagi pengembangan desa wisata menjadi salah satu program unggulan Pemerintah Kabupaten Kebumen,” jelasnya.

 

Ageng berharap sarasehan akan membuat pengelola desa wisata semakin kreatif dan inovatif sehingga desa wisata di Kabupaten Kebumen akan semakin menarik dan kompetitif. (admin/rth)