Tebing Runtuh, Jalan Tertutup Batu Berukuran Raksasa

Tuesday, 13 February 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Hujan cukup deras yang mengguyur daerah Karangsambung dan sekitarnya mengakibatkan runtuhnya batu yang berada pada tebing di pinggir jalan penghubung antara Kebumen-Karangsambung, tepatnya di kawasan Selaranda Desa Kaligending Selasa dini hari (13/02). Beruntung tak ada korban jiwa. Namun tak ayal,  transportasi antara Kebumen-Karangsambung sempat terputus beberapa saat. 

Wakil Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz yang tiba di lokasi bersama Kepala Pelaksana Harian BPBD Eko Widiyanto, disambut oleh Kadinas PUPR Slamet Mustolkhah dan Kabag Pembangunan Setda Kebumen Haryono Wahyudi. 

Wabup memberikan arahan terkait penanganan longsornya tebing tersebut. Selain itu  Wabup juga mewanti-wanti masyarakat yang tinggal di dataran tinggi untuk senantiasa waspada. "Tiada jemu kami menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap seluruh potensi bencana yang ada," kata Wabup. 

Di tempat yang sama, Kapolsek Karangsambung Iptu Husein menjelaskan kronologi runtuhnya tebing tersebut. 

Menurut orang nomor satu di Polsek Karangsambung tersebut, runtuhnya tebing terjadi Senin dini hari pukul 01.00 WIB. "Segera setelah mendapatkan informasi, kami segera melakukan pengamanan lantaran ada batu berukuran raksasa yang menutup badan jalan," papar Husein. 

Husein menambahkan, pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan upaya normalisasi kondisi terutama lalulintas dan transportasi. "Hal itu sangat penting, karena jalan tersebut adalah satu-satunya akses menuju dan ke Karangsambung serta Sadang. Jadi itu jelas prioritas," tegas perwira yang baru sekitar dua pekan menjabat sebagai Kapolsek Karangsambung tersebut. 

Personel BPBD yang mengerahkan alat berat melakukan pemecahan batu yang menutup badan jalan. Sementara puluhan anggota TNI dan Polri bahu membahu membantu menyingkirkan batu-batu tersebut ke tempat yang lebih aman. 

Terhitung sejak pukul 10.30 WIB jalan yang menjadi penghubung utama Kebumen-Karangsambung dan Sadang sudah normal kembali. (admin/im)