Kadisdik Kebumen Lantik 103 Guru Menjadi Kepala SD Dan SMP

Monday, 12 February 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kebumen, H.Ahmad Ujang Sugiono SH melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah 103 tenaga pendidik yang terdiri dari 101 sekolah dasar dan 2 sekolah menengah pertama menjadi kepala sekolah. Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dilakukan di Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jl. Mayjen Sutoyo Kebumen, Senin (12/1).

Kadisdik dalam menyampaikan sambutan tertulis Bupati Ir.HM.Yahya Fuad SE mengatakan, kepala sekolah bukan suatu jabatan, akan tetapi sebagai tugas tambahan bagi guru pegawai negeri sipil. Tugas tambahan ini harus disikapi dengan peningkatan kinerja dan tanggungjawab sebagai tenaga pendidik.

"Kegagalan dan keberhasilan suatu sekolah banyak ditentukan oleh kepala sekolah selaku pemimpin. Karena kepala sekolah merupakan pengendali dan penentu arah yang hendak ditempuh oleh satuan pendidikan menuju tujuan yang telah ditentukan, yakni dengan mengoptimalkan sumberdaya sarana dan prasarana yang tersedia. Kepala sekolah dituntut memiliki kemampuan manajemen dan kepemimpinan yang memadai agar mampu mengambil inisiatif dalam meningkatkan mutu sekolah," papar Kadisdik.

Kadisdik juga menjelaskan, kepala sekolah harus mampu melakukan fungsi-fungsi manajemen,  yakni mengatur semua potensi sekolah secara optimal, parencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan.

"Ciptakan suasana kerja yang kondusif dan meningkatkan kinerja agar visi misi sekolah dapat terwujud. Beri keteladanan yang baik dalam hal kerja maupun ahlak," ujar Kadisdik.

Pada akhir sambutan, Kadisdik menegaskan agar kepala SD dan SMP yang baru dilantik ini dapat bekerja sepenuh hati, berhatihati dan jangan sesuka hati. Laksanakan tugas dan pengabdian ini sebagai amanah dan penuh keikhlasan," kata Kadisdik mengakhiri.(admin/mn)