Jelang Imlek, Pesanan Lampion Meningkat

Sunday, 11 February 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Ekonomi kreatif dengan produk kerajinan lampion di Desa Sukomulyo, Kecamatan Rowokele, terus berkembang. Bahkan menjelang Imlek, sedikitnya seribu lampion dipesan oleh pengusaha dari berbagai kota besar di Indonesia.

 

Di Desa Sukomulyo, usaha kreatif lampion sudah ditekuni cukup lama oleh Lusiana. Usahanya melibatkan kaum perempuan setempat. Menjelang Tahun Baru Imlek, produksi ditingkatkan untuk memenuhi banyaknya pesanan. “Dalam satu bulan terakhir, pesanan yang masuk ada sekitar seribu lampion dengan berbagai bentuk dan ukuran,” jelas Lusiana.

 

Lampion yang banyak dipesan, lampion yang berbentuk bulat. Namun tidak sedikit yang memesan lampion berbentuk hati, silinder, dan lampion karakter dengan ukuran yang bervariasi.

 

Hanya saja di musim ramai pesanan, Lusiana mengalami kendala memperoleh bahan baku, terutama kain warna merah serta rotan sebagai kerangka lampion. “Kami sempat mengalami kendala produksi karena kesulitan mendapatkan kain warna merah dan rotan. Beruntung kami bisa mendapatkannya meski harus mendatangkan dari Cirebon,” ujarnya. (admin/rth)