Wartawan Harus Junjung Kode Etik Jurnalistik

Saturday, 10 February 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen memperingati Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2018 dengan berbagai kegiatan. Peringatan HPN menjadi peneguh insan pers untuk selalu menjunjung Kode Etik Jurnalistik.

Ziarah kubur ke makam mantan wartawan, Kamis (8/2/2018), menjadi agenda pertama peringatan HPN di Kabupaten Kebumen. Ziarah diikuti wartawan media cetak, media elektronik, dan media online, serta jajaran Bagian Humas Setda Kebumen.

Ziarah diawali di makam M Sudjangi di Desa Kutosari Kebumen,  mantan wartawan Suara Merdeka Gunawan Effendi di pemakaman umum Sokarini Desa Kedawung Pejagoan, dan mantan wartawan Kedaulatan Rakyat  Roendhayat di pemakaman umum Desa Purwogondo Kuwarasan.

Malam harinya digelar tasyakuran dan doa bersama di Balai Wartawan Kebumen. Doa bersama dipimpim AKP Masngudin yang belum lama menjabat Kasubbag Humas Polres Kebumen. Pemotongan tumpeng dilakukan Kabag Humas Setda Kebumen untuk diberikan kepada wartawan termuda Saefur dari Kebumen Ekspres. Sedangkan Ketua PWI Kabupaten Kebumen, Komper Wardopo, memotong tumpeng untuk diberikan kepada Tohri dari Ratih TV Kebumen.

Dalam tasyakuran HPN, Komper Wardopo meminta jurnalis yang bertugas di Kabupaten Kebumen meningkatkan profesionalisme sebagai insan pers. “Wartawan dalam menulis berita harus seimbang dengan melakukan konfirmasi. Wartawan harus komitmen menjunjung Kode Etik Jurnalistik,” tandas Wardopo. (admin/rth)