Kepala Rutan Audensi Dengan Bupati

Saturday, 13 January 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Kepala Rutan Kelas II B Kebumen, Soetopo, audiensi dengan Bupati Kebumen HM Yahya Fuad terkait dengan kondisi rutan, Kamis (11/1). Kepada bupati, disampiakan kondisi rutan yang sudah tidak layak. Selain terletak di tengah kota, juga sudah melebihi kapasitas sehingga diperlukan lahan untuk membangun rutan yang baru.

Menurut Soetopo yang didampingi Kepala Keamanan Rutan Hardono dan Staf Peralatan Sarwono, Rutan Kelas II B Kebumen saat ini dihuni 198 warga binaan, padahal seharusnya hanya untuk 113 warga binaan.

Dengan kondisi rutan yang sudah memprihatinkan, Soetopo meminta Pemkab Kebumen menyiapkan lahan untuk membangun rutan yang baru. Selain itu, ada pelatihan bagi warga binaan agar saat kembali ke masyarakat, warga binaan memiliki bekal keterampilan.

Persoalan lain yang kini dihadapi Rutan, yakni dikeluarkannya Perbup Kebumen Nomor 69 Tahun 2017 tentang tarif pelayanan kesehatan. Dalam peraturan itu, tarif Puskesmas di Kebupaten Kebumen, naik dari Rp 3.000 menjadi Rp 10.000.

Kenaikkan tarif tersebut menjadi kendala karena anggaran rutan yang terbatas. Soetopo pun berharap ada solusi agar hak warga binaan memperoleh pelayanan kesehatan tetap terpenuhi.

Menanggapi permintaan lahan untuk membangun rutan , bupati yang didampingi Plt Sekda Kebumen Mahmud Fauzi, Asisten Administrasi Widiatmoko, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Dyah Woro Palupi, dan Kepala Bagian Pemerintahan Asep Nurdiana, menyarankan untuk saling hibah. (admin/rth)