Atasi Banjir, Sidoharum Bangun Drainase Sepanjang 2,5 KM

Thursday, 11 January 2018 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Dalam upaya mengatasi banjir di pemukiman maupun persawahan masyarakat, Pemerintah Desa Sidoharum Kecamatan Sempor melakukan pembangunan drainase di Rw 02 sepanjang 2,5 kilometer. Pembangunan telah dilaksanakan sejak Desember 2017 lalu dan ditargetkan selesai pada akhir Januari 2018. Demikian ungkap Kepala Desa Sudoharum, Andri disela peninjauan pembangunan drainase di Rw 02 tersebut, Kamis (11/1).

Andri mengatakan pembangunan drainase ini merupakan bantuan dari provinsi Jawa Tengah tahun anggaran 2017 sebesar Rp.535 juta. "Selain untuk pembangunan drainase, dana tersebut juga digunakan untuk pembangunan  jamban bagi 15 warga miskin. Bantuan pemprov ini memberikan banyak manfaat bagi warga maupun pemerintah desa kami," ujar Andri.

Diakuinya, desa Sidoharum saat musim penghujan rawan banjir baik di area persawahan maupun lingkungan pemukiman warga karena kurangnya drainase yang mengalirkan air hujan ke sungai. Selain itu drainase ini juga mengatasi air limbah rumah tangga yang selama ini tidak teraliri dengan baik. "Dengan adanya drainase juga dapat membuat kesehatan warga bisa lebih baik. Aroma air limbah rumah tangga yang tak sedap tidak lagi mengganggu lingkungan tempat tinggal itu sendiri," jelas Andri.

Sedangkan pembangunan jambanisasi bertujuan mengajak masyarakat untuk berpola hidup sehat dengan tidak membuang air besar di sembarang tempat. Lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan berpengaruh terhadap produktifitas masyarakat dalam melakukan aktivitas perekonomian. "Pada tahun 2018 ini kami juga skan membangun 50 unit jamban bagi warga miskin dari sekitar dua ratusan warga muskin yang belum memiliki jamban," ungkap Andri mengakhiri.(mn/admin)