Pemkab Kebumen Fokus 15 Titik Untuk Raih Adipura 2017/2018

Tuesday, 31 October 2017 / Daerah

KEBUMENKEB.GO.ID - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman  Lingkungan Hidup (Disperkim-LH) Kabupaten Kebumen menggelar Rapat Evaluasi dan Persiapan Penilaian Adipura tahun 2017/2018 di ruang rapat Bupati, Selasa (31/10). Rapat ini dipimpin Kepala Disperkum-LH, Edy Rianto ST, MT dihadiri Bupati Kebumen Ir.HM.Yahya Fuad SE, Dandim 0709 Kebumen Letkol.Kav.Suep.S.I.P, Polres, jajaran dinas, serta sejumlah elemen terkait lainnya.

 
Penilaian  Adipura ini merupakan tahap awal yang akan dilakukan oleh Tim penilai dari Pemkab Kebumen. Rencananya penilaian ini akan dilakukan pada awal November 2017.

Kadisperkim-LH,  Edy Rianto yang memimpin jalannya rapat dalam paparannya mengungkapkan
ada 15 titik yang perlu menjadi perhatian khusus dan harus segera dibenahi sebelum adanya penilaian Adipura 2017/2018.

Ke-15 titik tersebut adalah permukiman, jalan, pasar, pertokoan, perkantoran, sekolah, terminal bus, stasiun KA, RSUD dan Puskesmas, perairan terbuka, tempat pembuangan akhir (TPA), bank sampah, fasilitas pengolahan sampah skala kota, hutan kota dan taman kota. "Dari ke-15 titik yang memiliki bobot penilaian tertinggi adalah tempat pembuangan akhir (TPA) sampah berbobot 11, Fasilitas pengolahan sampah skala kota 10, bank sampah 7,  pasar 7,  perumahan/permukiman (6), sekolah (6), jalan, rumah sakit/puskesmas, hutan kota, taman kota, terminal bus/ angkot dan bank sampah induk masing-masing berbobot 5. Sedangkan bobot untuk pertokoan,   perkantoran dan perairan terbuka masing-masing berbobot 4. 

Lima belas titik ini harus menjadi perhatian serius untuk seluruh stakeholder. Dan  setiap OPD diharapkan dapat terus meningkatkan koordinasi dan bekerjasama secara sinergis guna merealisasikan target Kebumen dalam meraih Adipura tahun 2017/2018. "Untuk itu seluruh stakeholder agar berkomitmen dan berupaya menjaga keindahan, kebersihan dan kenyamanan kota Kebumen," harap Edy Riyanto.

Dalam surat edaran "Kerja Bakti Massal" Pemerintah Kabupaten Kebumen No.800/2281/2017 tertanggal 30 Oktober 2017 yang ditandatangani Plt.Sekda Drs.H.Mahmud Fauzi M.Si, meminta kepada jajaran OPD untuk melaksanakan kerja bakti massal di sejumlah titik yang menjadi penilaian Adipura. Untuk kerja bakti di area Pasar Temenggungan ditugaskan kepada Dinas perindag, kawasan perumahan/permukiman ditangani Disperkim-LH dan Kecamatan Kebumen,  sejumlah jalan kota ditangani Dinas PUPR dan Satpol PP, perkantoran dilaksanakan oleh semua OPD, area sekolah oleh Diknas, terminal bus/angkot ditugaskan kepada Satpol PP dan Dishub, taman kota dan hutan kota oleh Dinas Perkim-LH, rumah sakit/puskesmas oleh Dinkes, stasiun KA okeh Satpol  PP,  perairan terbuka oleh Dinas PUPR, TPA ditangani Dinas Perkim-LH, bank sampah juga ditangani Disperkim-LH, dan fasilitas pengolahan sampah ditangani TPST Kembaran.

Program Adipura dimaksudkan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam
mewujudkan kota yang tak hanya bersih, hijau, sehat, namun juga mewujudkan kota yang layak huni.(admin/mn)