Kebumen Tuan Rumah Perkemahan Wirakarya Tingkat Jawa Tengah Tahun 2017

Friday, 13 October 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) merupakan ajang berlatih dan berkarya  Pramuka Tingkat Jawa Tengah. Perkemahan dengan peserta ambalan  Penegak dan Pandega dari 35 Kabupaten ini direncanakan  berlangsung mulai tanggal 17 hingga 23 Oktober 2017, di Desa Karanggadung, Petanahan. 

PW Jawa Tengah diadakan Lima tahun sekali, bergilir untuk 35 kabupaten di Jawa Tengah. Ketua Kwarcab Kabupaten Kebumen,  Ahmad ujang Sugiono mengatakan bahwa setelah melakukan presentasi kesiapan penyelenggaraan, Alhamdulillah Kebumen dipercaya  menjadi tuan rumah PWD 2017,  saat jumpa pers di ruang Press Center, Kamis, (12/10). Di dampingi Ka Humas Sukamto, S.Sos, MT. 

Dijelaskan Ujang, bahwa peserta  PWD tidak mendirikan tenda untuk berkemah namun peserta menginap di rumah-rumah penduduk atau home stay. Panitia bekerja sama dengan masyarakat Karanggadung telah menyiapkan 180 home stay untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut.  Selama PW mereka akan hidup dan beraktifitas sebagaimana aktifitas keseharian Induk Semang. Bila peserta PWD menginap pada Induk Semang seorang petani penderes maka  para peserta juga beraktifitas sebagai penderes.

Selain mengikuti aktifitas induk semang peserta PWD juga memiliki jadwal padat yang telah disusun sedemikian rupa oleh panitia ada Kegiatan Fisik seperti: bedah dan benah rumah (RTLH), pembangunan sanitasi & jambanisasi, pembuatan fasilitas desa ramah anak, perbaikan tempat ibadah dan bersih desa.

Menurut Edy Sukamsi, kegiatan-kegiatan dalam PW, 75% merupakan Bakti Kemasyarakatan dan 25% Kepramukaan. Sedangkan Kegiatan Non Fisik antara lain : aksi perlindungan anak dan perlindungan  gender, fund raising, posyandu lansia, penanaman pohon dan jika aku menjadi.

Peserta PW juga akan mengikuti kegiatan yang sifatnya Ketrampilan dan Wawasan seperti :  pembuatan makanan khas Kebumen, pembuatan kerajinan khas Kebumen, belajar tari khas Kebumen, pelatihan penggunaan radio lokal, jurnalistik, pramuka masa kini, entrepreneurship, we are volunteer dan  konvensi hak anak. 

Kegiatan Persaudaraan dan Wisata yang akan diikuti oleh peserta PW antara lain: temu pinsa, outbond pantai, pentas seni, permainan tradisional, pramuka mengajar, anjangsana. Kegiatan paket wisata ada Industri lanting dan Goa Jatijajar; Pantai Suwuk dan Waduk Sempor; Goa Petruk dan Logending.

Serta Kegiatan Rutin seperti: upacara bendera tiap pagi, pameran, pentas seni, dan PAM Swakarsa di Kelurahan Perkemahan. Dijelaskan pula bahwa selama masa perkemahan diadakan pameran dan pentas seni.  Lokasi pameran  di area Jalan Baru JLSS, desa Karanggadung.

Pembukaan PW ini akan dilakukan oleh Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan dihadiri 35 bupati/walikota se -Jawa Tengah. Sedangkan peserta PW adalah anggota pramuka Penegak dan Pandega pilihan dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah. Masing-masing mengirimkan 26 personel peserta dan pendamping regu.(admin/ca)