KPU Kebumen Sosialisasikan Tahapan Dan Persyaratan Calon Perseorangan Pilgub Jateng 2018

Thursday, 12 October 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan KPU Kabupaten Kebumen menyelenggarakan sosialisasi bertajuk "Tahapan dan Persyaratan Calon Perseorangan Pilgub Jateng 2018" di hotel Meotel Kebumen, Kamis (12/10). Sosialisasi ini diikuti puluhan peserta dari berbagai elemen masyarakat dengan menghadirkan narasumber  Mohamad Hakim Junaidi S.Ag.M.Ag dari Divisi Hukum KPU Provinsi Jawa Tengah dan Ketua KPU Kebumen Paulus Widitantoro SE,MM.

Mohamad Hakim Junaidi S.Ag.M.Ag mengatakan tahapan dan persyaratan calon independen akan dikeluarkan oleh KPU pada 9 November 2017 mendatang. "Pada tanggal ini akan diumumkan hal-hal yang harus dilakukan dan syarat yang wajib dipenuhi oleh calon independent jika ingin mengikuti pemilihan gubernur Jawa Tengah pada 2018 mendatang. Dan pada Februari 2018 akan diumumkan calon-calon  yang maju dalam pilgub," ungkap M.Hakim Junaidi.

Hakim Junaidi juga menjelaskan calon independent yang telah menyerahkan kelengkapan data dan persyaratan, maka akan dilakukan verifikasi langsung ke lapangan. "Bagi calon independen hendaknya sesegera mungkin menyerahkan kelengkapan data sebelum jadwal tahapan pendaftaran.

"Kenapa harus segera penyerahan data? Karena untuk verifikasi  administrasi dan lapangan butuh waktu yang cukup panjang dan harus disiapkan standar operasional prosedur verifikasi dan penyiapan tim virifikator dengan sebaik-baiknya. Karena setiap calon harus memiliki 1.781.600 KTP dukungan," jelas.M.Hakim Junaidi.

Dalam sosialisasi ini tak banyak
ada perubahan signifikan dari persyaratan calon independen. Hal ini karena masih mengikuti Peraturan KPU sebelumnya.

Selain itu, terkait masa kampanye KPU memastikan jika masa kampanye Piilgub 2018 nanti akan lebih panjang dari sebelumnya, yakni sekira 120 hari.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kebumen, Paulus Widiyantoro SE, MM mengatakan pada prinsipnya KPU Kebumen sangat siap dalam mensukseskan seluruh tahapan pilgub Jateng 2018. "Pada tahap awal KPU Kebumen sudah melakukan konsolidasi internal dengan melakukan bimtek pada seluruh staff sehingga timbul pemahaman yang sama terkait regulasi dan tata jerja di internal KPU. Dan yang sedang berjalan saat ini adalah rekrutmen badan penyelenggara di tingkat kecamatan dan desa. Sebelum tahap ini kami sudah mengumpulkan seluruh camat dan kades serta BPD  untuk mendukung rekrutmen ini," tutup Paulus.(admin/mn)