Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Tengah Menggelar Bimtek Bagi 30 Calon Anggota Koperasi Kebumen

Wednesday, 11 October 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM (Disnakerkop UKM) Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah menggelar bimbingan teknis bertajuk "Peningkatan Kapasitas Kelembagaan bagi Kelompok Masyarakat" selama dua hari yakni mulai 11-12 Oktober 2017 di Hotel Candisari Karanganyar. Bimtek diikuti oleh 30 peserta dari pengrajin genteng Sokka Kedawung Kebumen dengan menghadirkan narasumber dari Disnakerkop UKM Kebumen dan Diskop UKM Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Disnakerkop UKM Kebumen H.Dwi Sulianto S.Sos,M.Si mengatakan bahwa pelaksanaan bimtek ini untuk memberikan pemahaman kepada peserta arti penting dari sebuah koperasi bagi mereka sebagai pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya, baik permodalan, peningkatan kapasitas produksi dan pemasarannya. Dalam bimtek ini diberi materi tentang pemahaman kewirausahaan, manajemen dan pengembangan usaha. 

"Bimtek ini merupakan tindak lanjut kunjungan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo beberapa waktu lalu ke sentra produksi genteng Kedawung Pejagoan Kebumen. Kami berharap kepada peserta setelah mengikuti bimtek ini dapat mengimplementasikan  di wilayahnya. Dan mampu mengajak masyarakat lainnya untuk membangun dan mengembangkan usaha koperasi di tempatnya," ujar Kadisnakerkop UKM Kebumen.

Pada kesempatan yang sama, Eko Pristiawan selaku perwakilan dari Diskop UKM Provinsi mengatakan target dari kegiatan ini adalah adanya kesamaan persepsi dari peserta bimtek dalam memahami koperasi baik dari aspek kelembagaan maupun usahanya. Dan juga terciptanya pemahaman tentang prinsip dan jati diri koperasi bahwa koperasi merupakan badan usaha dari, oleh dan untuk anggota. "Dengan masuknya pelaku usaha UMKM menjadi anggota, koperasi bisa semakin berkembang kelembagaan dan usahanya. Demikian  juga dengan anggotanya yang semakin sejahtera," tutup Eko Pristiawan.(admin/mn)