Safari Subuh Bupati Yahya Fuad Sambangi Tiga Desa Di Kecamatan Sadang

Tuesday, 10 October 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Safari subuh telah menjadi agenda rutin bagi Bupati Kebumen Ir.HM.Yahya Fuad SE.  Pada Selasa (10/10) pagi ini, Bupati didampingi sejumlah Kepala Dinas menyambangi tiga desa di Kecamatan Sadang, yakni Desa Pucangan, Desa Cangkring dan Desa Seboro.

Sekira pukul 04.05 wib, Bupati tiba di Desa Pucangan dan langsung menuju Masjid  Baiturrohman untuk menunaikan ibadah shalat Subuh berjamaah. Usai shalat, Bupati memberi kesempatan kepada jamaah untuk berdialog berbagi persoalan yang dihadapi masyarakat desa. Dialog berakhir hingga pukul 05.45 wib. Selanjutnya Bupati melakukan k monitoring langsung pembangunan embung di Sadangwetan  dan embung Cangkring yang ditanami ratusan pohon durian. Bupati pun melakukan dialog dengan masyarakat petani durian. Diperkirakan pada awal tahun atau januari mendatang masyarakat petani durian akan melakukan panen perdana setelah tiga tahun mereka menunggu hasil tanam buah tersebut.

Usai monitoring di embung, Bupati melanjutkan perjalanan menuju Pasar Sadang Kulon. Di pasar ini memantau langsung aktivitas perdagangan serta  kestabilan harga sayur mayur maupun sembako di pasar tersebut. Rehat sejenak,  Bupati bersama rombongan menikmati sarapan pagi di area pasar tersebut.

Sekira pukul 08.00 wib, Bupati berlalu dari pasar menuju Desa Wisata Selo Asri Seboro. Di desa ini Bupati menyambangi kawasan Embung Seboro yang berisi ratusan pohon klengkeng yang tumbuh subur dan berbuah bagus di desa ini.  Desa Seboro merupakan salah satu desa yang dikenal sebagai desa penghasil buah klengkeng terbaik di Kebumen.

Masih di Desa Seboro, Bupati juga menyempatkan diri untuk memberikan  bantuan bedah rumah tidak layak huni kepada salah satu warga desa, Suharni yang tinggal di RT. 02/02. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban hidup masyarakat desa dan memberi tempat yang nyaman untuk dihuni. Ada sekitar 16 RTLH yang akan dibangun di desa ini.

Usai menyerahkan bantuan dan berdialog,  selanjutnya Bupati kembali ke Desa Pucangan untuk menghadiri acara ruwat bumi dan peringatan tahun baru islam 1439 Hijriah. Ratusan warga desa Pucangan telah menunggu kehadiran Bupati. Setibanya di lokasi, sejenak Bupati didapuk untuk memberikan sambutan. Ada beberapa pesan yang disampaikan Bupati untuk masyarakat desa tersebut. Pemerintah desa hendaknya memberdayakan masyarakatnya dengan memanfaatkan lahan kosong maupun pekarangan rumah dengan tanaman buah yang bernilai ekonomis tinggi, memanfaatkan pembangunan jalan sebagai sarana penunjang aktivitas perekonomian masyarakat, dan masyarakat kebumen hendaknya  cinta  terhadap pariwisata yang ada di Kebumen. 

Sebagai bentuk uji  pengetahuan kepada warga desa Pucangan, Bupati menggelar kuis seputar pariwisata. Mereka yang berhasil menjawab pertanyaan Bupati akan mendapatkan satu kaos cantik berslogan dan bergambar pariwisata di Kebumen. Kuis ini sekaligus mengakhiri rangkaian kegiatan safari subuh Bupati. (admin/mn)