Diskominfo Kebumen Gelar FGD Raperda E-Government

Monday, 9 October 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Institut Teknologi Telkom (ITT) Purwokerto menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertajuk "Raperda e-Government" di Ruang Jatijajar, Pendopo Rumah Dinas Bupati, Senin (9/10). FGD ini menghadirkan nara sumber Rektor IT Telkom DR.Ali Rohman M.Si dan Dekan Fakultas Teknologi Informatika dan Industri, Didi Supriadi ST,MT Serta dihadiri puluhan dari masing-masing perwakilan OPD maupun institusi terkait lainnya.

Dalam FGD, DR.Ali Rohman M.Si dalam paparannya menjelaskan aplikasi e-Government adalah upaya pemanfaatan dan pendayagunaan TIK oleh pemerintah dalam meningkatkan efisiensi, efektivitas, akuntabilitas dan transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan. "Melalui e-government dapat tercipta pelayanan publik yang lebih baik. Proses birokrasi dan pelayanan secara on line atau elektronis dapat memberikan kemudahan dalam mengakses dan memperoleh informasi maupun bertransaksi," jelas Rektor IT Telkom Purwokerto.

Sedangkan terkait dengan draft Raperda e-Government Kebumen yang telah disusun,   Didi Supriadi ST,MT mengatakan
ada beberapa catatan penting yang perlu di pertimbangkan dan diperjelas kembali dalam draft  Raperda e-Government tersebut. 
"Adapun beberapa hal yang kami rekomendasikan untuk disempurnakan draf Raperda e-government adalah  terkait dengan sistem penyelenggaraan, pengawasan dan pengendaliannya," ujar Didi Supriadi ST,MT.

Pemerintah Kabupaten Kebumen  melalui Diskominfo tengah berupaya membangun jaringan berbasis elektronik (TIK) yang diharapkan dapat diimplementasikan dengan baik dan terus berkembang. Implementasi TIK ini dapat menghubungkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan.(admin/mn)