3.191 Guru SD Se-Kabupaten Kebumen Ikuti Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Tuesday, 3 October 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Sebanyak 3.191 guru SD se-Kabupaten Kebumen mengikuti program pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) mulai 3 Oktober hingga 25 Oktober 2017 dengan sistem IN-ON-IN. PKB ini dimaksudkan untuk meningkatkan standar kompetensi dan profesionalisme guru sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan jaman.

Kabid Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Diknas Kebumen, Dra.Hj.Farita Listiyati dalam membacakan sambutan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) H.Ahmad  Ujang Sugiono S.H mengatakan bahwa standar nilai UKG bagi guru yang ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,  pada tahun 2017 ini sebesar 7,0 dan pada 2018 sebesar 7,5. Dan untuk Kabupaten Kebumen pada 2015 UKG mencapai 5,5 atau berada di peringkat ke-11 se-provinsi Jawa Tengah. "Raihan angka UKG ini harus kita tingkatkan sesuai standar yang telah ditetapkan ," ujar Hj.Farita Listiyati saat membuka PKB di Hotel Candisari Karanganyar, Selasa (3/10).

Selain itu, Hj.Farita menjelaskan  PKB ini juga untuk meningkatkan karir guru. "Karena itu kami berharap para guru untuk fokus mengikuti kegiatan ini dengan cermat dan sungguh-sungguh," pinta Hj.Farita.

Hj.Farita juga nengingatkan, sebagai seorang pendidik harus selalu meningkatkan wawasan dan pengetahuannya, serta peka terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, khususnya dalam bidang pendidikan dan pengajaran. "Guru juga harus menjadi suritauladan, menciptakan prakarsa dan ide, serta memberikan dorongan dan arahan kepada anak didiknya agar kelak berguna bagi masa depan bangsa," jelas Hj.Farita.

Untuk itu, kataHj.Farita, setiap guru yang belum mencapai standar yang di tetapkan agar dapat terus meningkatkan kinerja, kompetensi dan keprofesiannya. "PKB ini nanti akan memberi banyak manfaat bagi guru, tak hanya eksistensi, kompetensi dan profesionalismenya seiring tuntutan jaman, akan tetapi juga nanti dapat mendongkrak karirnya," jelas Hj.Farita mengakhiri. (admin/mn)