Dispermades P3A Kebumen Gelar Pelatihan Ketrampilan Manajemen BUMDes Se-Kabupaten

Monday, 18 September 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) P3A menggelar pelatihan ketrampilan manajemen Badan Usaha Milik Desa tahun 2017 kepada 250 Desa sasaran, Senin (18/9). Narasumber pelatihan ini dari bagian hukum Setda Kebumen, Kejaksaan,  LSM Formasi dan Asosiasi BUMDes se- Kabupaten Kebumen.

Kepala Dispermades P3A Kebumen, Mohamad Amirudin S.IP, MM, mengatakan pelatihan ini untuk memberdayakan pemerintah desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui BUMDes. "Hal ini sebagaimana amanat dari pemerintah pusat untuk memberdayakan masyarakat desa menjadi lebih mandiri dan sejahtera. Karena itu, Dispermades berharap setelah mengikuti pelatihan ini maka pemerintah desa dapat mengimplementasikan BUMDes dimasing-masing desanya lebih baik, profesional dan mampu memberikan kesejahteraan masyarakatnya," ujar Kadispermades M.Amirudin S.IP, MM.

Amir juga menambahkan, ada beberapa materi yang diberikan dalam pelatihan ini. Materi itu disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dan kondisi desa. "Ada tiga kelompok materi yang diberikan. Yakni, untuk kelompok pertama materi khusus BUMDes yang baru mau dibentuk, kedua BUMDes yang sudah berdiri namun belum operasional dan ketiga BUMDes yang sudah berdiri dan sudah operasional. "Untuk pelatihan tahap pertama ini diikuti  39 desa dari 7 kecamatan se-Kabupaten Kebumen. Pelatihan diberikan selama dua hari mulai hari  Senin (18/9) dan Selasa esok (19/9). Kami berharap peserta nantinya dapat menjadikan BUMDes sebagai badan usaha yang memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan perekonomian desa," harap Kadispermades P3A Kebumen, M.Amirudin S.IP,MM.

Sementara itu, Kabid pendapatan pengelola keuangan dan aset desa Dispermades P3A Kebumen, Herlina Januarita S.Pd berharap kepada para peserta pelatihan dapat bersungguh-sungguh menyerap materi pelatihan ini dan nantinya dapat di implementasikan di pemerintahan desanya. "Sebab, keberadaan BUMDes memiliki peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Dispermades suatu saat akan meninjau langsung bagaimana implementasi pemerintah desa dalam membangun dan mengembangkan   BUMDes untuk kemandirian desa," kata Herlina. (admin/mn).