28 Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kebumen Ikuti Uji Gagasan

Monday, 4 September 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID-Sebanyak 28 calon pejabat pimpinan tinggi pratama Kebumen mengikuti uji gagasan di ruang   Puring Hotel Candisari Karanganyar, Senin (4/9). Dari uji gagasan ini nantinya akan dipilih 5 dari 28 calon pejabat tersebut untuk mengisi kepemimpinan OPD di Kabupaten Kebumen, yakni Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kepala Dinas Perkim LH, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Plt. Sekda Kebumen yang juga ketua panitia pelaksana uji gagasan, Drs.Mahmud Fauzi M.Si mengatakan bahwa uji gagasan ini merupakan kelanjutan dari proses seleksi setelah para calon pejabat lolos uji administrasi dan uji kompetensi yang telah diselenggarakan beberapa waktu lalu. Sedangkan para penguji pada tahap ini adalah perwakilan dari akademisi yakni DR.Slamet Rosadi dari Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto, tokoh masyarakat yang juga pernah menjabat sebagai Sekda Kebumen, Suroso, dari birokrasi yang diwakili oleh Kepala BKPPD, Supriyandono serta tim lainnya.

"Dalam uji gagasan ini para calon pejabat wajib mempresentasikan makalah yang telah dibuatnya terkait dengan pengembangan strategi kebijakan yang terintegrasi dalam mewujudkan visi misi pemerintah Kabupaten Kebumen. Dalam uji gagasan ini tim penguji akan bekerja secara profesional dan tidak ada unsur apapun. Semua peserta di tes secara prosedural agar memberikan hasil yang terbaik bagi Pemerintah Kabupaten Kebumen," jelas  Plt. Sekda Drs. Mahmud Fauzi M.Si.

Sedangkan untuk mekanisme penetapan Kepala dinas nanti,  Plt.Sekda Kebumen mengatakan bahwa akan ditetapkan tiga nama dimasing-masing OPD untuk diajukan ke Bupati. Selanjutnya bupati yang akan memilih satu nama untuk ditetapkan sebagai kepala dinas baru. 

Sekadar tambahan bahwa uji gagasan ini lanjutan dari seleksi administrasi pada 24 Agustus 2017,  dan  pengumuman hasil seleksi administrasi 25 Agustus 2017. Selanjutnya dilakukan uji kompetensi pada 28-30 Agustus 2017 dan  pengumuman hasilnya 31 Agustus 2017.  Pada Senin pagi ini (4/9) uji gagasan dilaksanakan dan Pengumuman hasilnya  direncanakan tanggal  7 September 2017. 

Selanjutnya,  tim panitia seleksi juga akan melakukan rapat guna pembahasan hasil uji kompetensi, uji gagasan dan rekam jejak pada 4 September 2017,  dan hasil rapat akan diserahkan kepada  kepada Bupati  Kebumen Ir.HM.Yahya Fuad SE pada 11 September 2017.

"Apapun hasilnya dan siapapun yang terpilih nanti adalah yang terbaik buat Pemerintah Kabupaten Kebumen," tutup Plt.Sekda Kebumen, Drs.Mahmud Fauzi, M.Si.(admin/mn)