Kemenag Kebumen Bekali 100 Calon Pengantin Muda Bina Keluarga Samawa

Wednesday, 23 August 2017 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kebumen memberi pembekalan kepada 100 calon pengantin muda dalam membentuk keluarga yang sakinah, mawahdah dan warahmah (Samawa) di Candisari Karanganyar, Rabu (23/8). Diharapkan dalam pembekalan ini angka perceraian di Kabupaten Kebumen dapat ditekan. Demikian ungkap staf Bimas Kemenag Kebumen yang juga pelaksana kegiatan tersebut, Fatachul Husain.

Menurut Fatachul pembekalan ini menjadi bagian penting dalam kehidupan calon pengantin muda. Mengingat angka perceraian pasangan muda di Kabupaten Kebumen sejak Januari hingga Juli 2017 cukup tinggi. "Angka perceraian di Kebumen mencapai 436 pasangan, dan 202 talak dari 7295 pasangan menikah," ungkap Fatachul.

Fatachul  menambahkan, dari data yang dikeluarkan Kemenag Kebumen, angka perceraian tertinggi pada tahun ini didominasi warga Kecamatan Kebumen dengan jumlah perceraian 62 pasangan dan 22 talak. Lalu disusul Kecamatan Ayah 52 cerai dan 22 talak, Kecamatan Puring 43 cerai dan 15 talak, Kecamatan Buayan 33 cerai dan 5 talak. "Penyebab tingginya angka perceraian ini karena beberapa faktor. Utamanya faktor ekonomi dan mencari pasangan baru. Karena itu, untuk menekan angka perceraian ini kita berikan pemahaman sekaligus pembekalan kepada calon pengantin muda dari sisi perspektif hukum islam, psikologis, kesehatan dan UU No.1 tahun 1974 tentang perkawinan," ungkap Fatachul.

Hadir sebagai pemberi pembekalan ini adalah Kasi Bimas Islam Drs.H.Darisun M.PdI dengan moderator Fatachul Husain. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis esok (24/8). (admin/mn)