Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Tingkat Kabupaten Kebumen Berlangsung Khidmat

Thursday, 17 August 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - 47 pelajar terbaik putra-putri yang berasal dari berbagai SMA, SMK dan MA yang bertugas sebagai Paskibra, di bawah pengawalan 4 personil TNI sempurna menunaikan tugas beratnya. Demikian pula dengan Rona Agustina, Kunto Damarjati dan Faizhal Fernando yang masing-masing bertugas sebagai pembawa, pembentang dan pengibar bendera, dengan tanpa cela mampu melaksanakan tugas yang dibebankan kepadanya.

Bupati Kebumen Ir. HM Yahya Fuad, SE yang bertindak sebagai Inspektur Upacara membacakan pidato Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Gubernur mengajak seluruh masyarakat untuk terus menguatkan persatuan. "Jangan biarkan persaudaraan bangsa kita kembali tercederai dan tercerai berai karena kepentingan sesaat dan kelompok semata. Jangan biarkan kain kebangsaan kita kembali terkoyak karena warna kita yang berbeda", tegas Gubernur dalam sambutan tertulisnya.

Peserta upacara yang terdiri dari TNI, Polri, PNS, Pelajar, Pramuka, Mahasiswa, Organisasi Profesi dan Organisasi Kemasyarakatan larut dalam kekhidmatan upacara walau diterpa panas yang sangat terik.


Sementara, sesuai instruksi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman, sebelum pelaksanaan upacara terlebih dahulu digelar seni teaterikal yang menggambarkan heroisme dan mengandung nilai kejuangan. Karenanya Kodim 0709 mementaskan peristiwa canonade Belanda atas Desa Candi Karanganyar yang mengakibatkan ratusan masyarakat setempat tewas dan luka-luka. Peristiwa yang terjadi pada Minggu Kliwon, 19 Oktober 1947 itu, berhasil dipentaskan dengan sangat apik oleh Kodim 0709 Kebumen.

Seusai upacara, acara dilanjutkan dengan ziarah nasional dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Bumi Wirabhakti di Jalan Tentara Pelajar, Kebumen.(admin/is)