Lebih Dari 5 Balon Kades, Dilakukan Seleksi Tambahan

Wednesday, 2 August 2017 / Desa

KEBUMENKAB.GO.ID -Dari 49 desa di Kabupaten Kebumen yang akan menggelar pemilihan kepala desa (pilkades)pada 6 September mendatang, 6 desa memiliki lebih dari 5 bakal calon. Padahal pilkades hanya bisa diikuti oleh maksimal 5 calon. Karena itu akan dilakukan seleksi tambahan untuk menghasilkan 5 orang yang berhak menjadi calon kepala desa.

Keterangan Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen, Asep Nurdiana,6 desa denganlebih dari 5 bakal calon kepala desa yakniDesa Ayamputih Kecamatan Buluspesantren, Desa Semanding Kecamatan Gombong, Desa Jatisari KecamatanKebumen, Desa Tanjungmeru Kecamatan Kutowinangun, Desa Kutowinangun Kecamatan kutowinangun, serta Desa Bejiruyung KecamatanSempor.

Seleksi tambahan akan dilaksanakan 22 Agustus 2017, dan hasilnya akan ditentukan pada hari itu juga sekaligus ditetapkan sebagai calon kepala desa.

Selain menggelar pilkades serentak di 49 desa, pada waktu yang sama digelar pilkades antar waktu di Desa Kemukus Kecamatan Gombong, Desa Wirogaten Kecamatan Mirit, dan Meles Kecamatan Adimulyo

Pelaksanaannya melalui musyawarah desa. Hanya saja, Desa Meles belum ada calonnya.Pilkades antar waktu berlaku bagi desa yang kepala desanya berhalangan tetap atau diberhentikan dengan sisa masa jabatannya lebih dari satu tahun.

Terinformasi pula, pilkades di 4 desa yaitu Desa Sumberadi Kecamatan Kebumen, Desa Adikarso Kecamatan Kebumen, Desa Mangli Kecamatan Kuwarasan, serta Desa Kalijaya Kecamatan Alian, bakal bersaing pasangan suami istri.

Dalam Deklarasi Bersama Pilkades Damai Bersih dan Tanpa Wuwuran yang berlangsung Rabu (02/08/2017), Asep juga mengungkapkan pilkades di Desa Semanding Kecamatan Gombong, dan Desa Purwodeso Kecamatan Sruweng, diikuti bakal calon dari luar desa. (admin-Agustina/Hudi)