Ponpes Fathul 'Ulum Kuwarasan Gelar Haul Dan Silaturahim

Monday, 17 July 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Ponpes Fathul 'Ulum Kuwarasan  menggelar acara Haul Almaghfurlah Sayid Abdullah As Sathori, KH.Raden Muhtarom Sungadilaga, Syeh Idris Ismail, SyehAhmad Dimyati dan Nyai Mahmudah di area Ponpes, Senin (17/7). Acara ini dihadiri Kebag Kesra Pemkab Kebumen Drs.Wahib Tamam M.Si, jajaran Muspika, tokoh agama serta  ratusan masyarakat sekitar. Kegiatan ini menghadirkan penceramah dari Tuban Jawa Timur, yakni Al Habib Musthofa Alaydrus.

Pengurus Ponpes, Syafiq mengatakan kegiatan haul telah dilangsungkan sejak Sabtu malam (15/7) hingga Senin pagi (17/7). Sejumlah rangkaian kegiatan telah dilaksanakan seperti sholawatan,ziarah, haflatut tasyakuran dan puncaknya adalah pada senin pagi ini diisi tausiyah oleh Al Habib Musthofa Alaydrus asal Tuban.

Drs.Wahib Tamam MSi yang mewakili Bupati Ir.HM Yahya Fuad SE dalam membacakan sambutan tertulis wakil bupati KH.Mafud Yazid   mengatakan ada beberapa pesan dari pemkab kepada masyarakat kebumen. Beberapa pesan tersebut diantatanya adalah dengan diselenggarakannya  haul hendaknya  dapat terus memotivasi santri maupun masyarakat untuk meningkatkan amal ibadahnya lebih baik lagi. Pemkab juga meminta kepada masyarakat utuk mensukseskan program pemilihan desa tanpa wuwuran dan sukseskan pula program pembayaran pajak (PBB) untuk pembangunan perekonomian masyarakat Kebumen.

Pada kesempatan yang sama Mursyid Toriqoh Satoriyah yang juga pengasuh ponpes KH.Hasan Masykur Al Aziz menjelaskan bahwa kegiatan haul ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah dan untuk mengenang jasa para mursyid yang telah menuntun hati para ikhwan toriqoh untuk senantiasa mendekatkan diri pada Allah SWT.
"Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk mempererat tali silaturahim dengan masyarakat jugs antar sesama ikhwan toriqoh dan  mursyidnya. Tujuan akhirnya adalah mengajak kepada ikhwan maupun masyarakat agar dapat terus meningkatkan ibadah kepada Allah SWT," ujar KH.Hasan Masykur Al Aziz.

Sedangkan dalam tausiyah,  Al Habib Musthofa Alaydrus  mengungkapkan bahwa 
setiap hamba Allah wajib berbuat baik ke sesama, khususnya seorang anak kepada kedua orang tua. "Hormatilah orang tuamu jangan durhaka padanya. Ingatlah ada dua dosa yang dipercepat siksanya oleh Allah  yakni  durhaka pada orang tua dan dzolim terhadap sesama," ungkap Al Habib Musthofa Alaydrus.

Rangkaian kegiatan haul pada senin pagi hingga jelang siang hari ini adalah Sholawatan, pembacaaan surat Al Fatihah sebagai bentuk doa untuk almarhum/ah, sambuta-sambutan,  Qira'ah dilanjut dengan tausiyah yang kemudian ditutup dengan doa.(admin/mn)