KEGIATAN NONFISIK TMMD Ibu Hamil Diimbau Tes HIV

Thursday, 13 July 2017 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS mengisi kegiatan nonfisik TMMD di Desa Wonoharjo, Kecamatan Rowokele, Rabu (12/7/2017). Salah satu upaya pencegahan dan penanggulangan, mengajak ibu hamil melakukan deteksi dini dengan mengikuti tes HIV.

Ajakan itu disampaikan narasumber Arum Dwi Lestari dari Seksi Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen. Arum mengatakan, tes HIV merupakan cara pencegahan agar sang jabang bayi tidak sampai tertular virus mematikan yang berasal dari ibu yang positif terinfeksi virus HIV. Karena itu sangat dianjurkan bagi calon ibu untuk tes HIV sebelum kehamilan atau pada masa awal kehamilan.

Deteksi dini dengan melakukan tes HIV merupakan langkah penting dalam pengendalian penyakit tersebut. Karena itu Arum mengajak siapa pun untuk melakukan tes HIV. Persoalannya, banyak yang merasa dirinya tidak berisiko sehingga enggan melakukan tes. Tidak mengherankan jika kasus HIV/AIDS masih menjadi fenomena gunung es sehingga penularan HIV akhirnya terus terjadi.

Di Kabupaten Kebumen sendiri menurut Arum, dari estimasi 1.176 kasus, hingga Juni 2017 hanya dilaporkan 796 kasus dengan rincian 298 kasus HIV dan 450 kasus AIDS. (admin/Novita)