GELIAT USAHA KECIL Tahun Ajaran Baru Produksi Tas Meningkat

Thursday, 13 July 2017 / Berita Terkini

KEBUMENKAB.GO.ID - Usaha kecil dengan produksi tas sekolah di Desa Tanahsari, Kecamatan Kebumen, menggenjot produksi seiring meningkatnya pesanan di tahun ajaran baru. Lonjakan pesanan mencapai 70 persen dibanding hari-hari biasa.

Meski pesanan melonjak, perajin tidak mengambil kesempatan dengan menaikkan harga jual. "Harga tas tergantung harga harga bahan baku. Karena harga bahan baku tidak naik, harga tas juga tidak naik meski ada lonjakan pesanan," ujar Fatkhur salah satu perajin tas di Tanahsari.

Fatkhur menggeluti usaha pembuatan tas sejak tahun 1997. Dibantu 8 karyawan, Fatkhur harus kerja keras memenuhi banyaknya pesanan yang datang dari berbagai daerah. Di tempat usahanya, harga tas sekolah berkisar Rp 35.000 hingga Rp 50.000.

Di Desa Tanahsari juga banyak ditemui warga yang membuka usaha konveksi seragam sekolah. Sama halnya dengan tas, pesanan seragam sekolah juga naik saat tahun ajaran baru.

Pengakuan Saefudin yang menekuni usaha konveksi seragam sekolah sejak tahun 2014, tahun ajaran baru membuat omzet usahanya naik hingga 100 persen. Harga jualnya juga tidak naik, berkisar Rp 80.000 hingga Rp 90.000 untuk sepasang seragam SD hingga SLTA. (admin/Cahya)