Desa Kalirancang, Alian Sentra Anyaman Bambu

Sunday, 18 June 2017 / Daerah

desa kalirancang.jpg

KEBUMENKAB.GO.ID - Takmir masjid Al Mubarok Kalirancang, Alian, Mukhlas, menyatakan bahwa desanya punya potensi di bidang anyaman bambu. Hal ini didukung banyak pohon bambu yang tumbuh dibudidayakan warga secara turun temurun.

Produk anyaman yang populer berupa *kukusan*. Sebuah peralatan untuk memasak. Namun, menurut Mukhlas, desain dan kualitas anyaman belum menarik sehingga kalah bersaing di pasaran. Untuk itu. Ia mengusulkan agar ada pembinaan atau pelatihan dari Pemda. Hal tersebut disampaikan saat Tarhim bersama pejabat Pemda di masjid setempat [17/6].

Menanggapi hal tersebut, Plt. Sekda, Mahmud Fauzi menyarankan untuk mengajukan pelatihan terkait ke Disperindag atau PLUT. "Nanti bisa dibantu *desain* kukusan yang bagus dan pemasarannya", tandas Plt. Sekda.

Pada kesempatan itu, Mukhlas juga mohon dibantu terkait pembangunan tempat shalat/serambi untuk wanita, serta permintaan bantuan alat *hadroh*. Yang dijawab Plt. Sekda agar membuat proposal ke Bagian Kesra Setda, dan Dispora wisata.(admin/humas)