Bupati: Optimalkan Pencegahan Narkoba Di Pesantren

Thursday, 15 June 2017 / Daerah

KEBUMENKAB.GO.ID - Narkoba jadi pintu pembuka maksiat yang dapat menghancurkan generasi bangsa. Akibat penggunaan narkoba angka kematian, penderita HIV/AIDS, hepatitis dan gangguan jiwa di masyarakat terus meningkat. Hal ini harus segera dilakukan preventif dan kuratif. Demikian sambutan tertulis Bupati Kebumen Ir.HM Yahya Fuad SE yg dibacakan Plt.Sekda Drs.H.Mahmud Fauzi MSi pada acara peringatan hari anti narkoba internasional (HANI) dan buka puasa bersama di Pondok Pesantren Al Khusani di desa Jatimulyo, Alian pada Rabu sore (14/6).

Bupati juga menegaskan  bahwa pesantren memiliki peran yang sangat penting dalam melakukan pecegahan, penggunaan maupun peredaran narkoba dan diharapkan pula dapat merehabilitasi penderita narkoba.

"Pesantren menjadi suri tauladan yang baik dan harus terbebas dari narkoba maupun maksiat.

Aktifkan sosialisasi bahaya narkoba,  cari  cara pencegahannya dan  integrasikan kegiatan pencegahan narkoba tersebut dalam kurikulum pengajaran. 

Selain itu Bupati juga berpesan kepada pengurus pesantren agar selalu aktif mengajak masyarakat untuk mewaspadai narkoba, meningkatkan kerjasama dan  berkoordinasi dengan BNN/ kepolisian.

Dan bagi para santri, Bupati menegaskan agar berani menolak ajakan dari siapapun untuk menggunakan narkoba,  dan amati peredaran gelap serta pengguna narkoba untuk segera dilaporkan kepada pihak kepolisian.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesbangpol Kebumen Nurtaqwa Setiabudi SH mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk sosialisasi kepada pesantren agar mencegah meningkatnya bahaya narkoba bagi generasi masa depan bangsa. "Melalui sosialisasi seperti ini diharapkan dapat mencegah para pengguna narkoba maupun minum-minuman keras dikalangan generasi muda bangsa. Pengguna narkoba di Indonesia saat ini sudah cukup memprihatinkan, dan kita harus mencegahnya," ujar Nurtaqwa.

Usai sambutan, ustad asal Salatiga, Iskandar Chang I Pao S.Ag dalam tausiyahnya mengatakan salah satu cara yang tepat untuk melakukan penceghan penggunaan narkoba adalah meningkatkan keimanan. "Tingkatkan ketauhidan kita kepada Allah SWT,  selalu mengingatnya dan bertadarus sebaik-baiknya diantara waktu," jelas Iskandar.

Pada pringatan HANI ini juga diserahan bantuan tali asih dari sejumlah instansi kepada ponpes Al Khasani seperti peberian seperangkat alat komputer dari PT.Telkom, 1 LCD proyektor dari BKK Kebumen, 1 LCD proyektor dari Bank Jateng Kebumen, dan 1 unit laptop dari Bank BNI Kebumen. Peringatan HANI dihadiri Plt.Sekda Kebumen, Kepala Kantor Kesbangpol Kebumen  serta jajaran instansi terkait lainnnya. (admin/mn)