Hari Ini, KPU Tetapkan Pemenang Pilkada

Tuesday, 22 December 2015 / Pilkada

KEBUMEN - Teka-teki pemenang Pilkada Kebumen 2015 bakal segera tuntas. Pasalnya, hari Rabu (16/12/2015) ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen bakal menggelar rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara manual tingkat Kabupaten.

Rapat pleno tingkat kabupaten ini merupakan final penghitungan suara Pilkada Kebumen 2015 yang digelar 9 Desember kemarin. Nantinya, dari hasil rekap ini akan diketahui siapa paslon terpilih yang akan memimpin Kebumen selama lima tahun kedepan.

Rapat pleno rencananya akan digelar di Kantor KPU Jl Arungbinang Kebumen dengan dihadiri Forkompimda, saksi masing-masing paslon, Panwaslu, PPK, seluruh pimpinan Partai politik (parpol) di Kebumen serta instansi terkait. "Kami memang tidak mengundang pasangan calon peserta pilkada, tapi kalau mereka mau hadir kami persilahkan," ujar Ketua KPU Kebumen, Paulus Widiyantoro SE kepada Ekspres, petang kemarin.

Paulus menjelaskan, rapat pleno tingkat kabupaten didasarkan pada hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan yang prosesnya sudah rampung seluruhnya. Nantinya, hasil rekapitulasi dari masing-masing PPK diseluruh Kebumen akan dibacakan sesuai urutan abjad untuk selanjutnya direkap.

Hasil pleno ini akan ditindaklanjuti dalam bentuk Surat Keputusan (SK) penetapan pasangan calon terpilih Pilkada Kebumen 2015. Paslon yang mendapat suara terbanyak akan ditetapkan sebagai paslon terpilih oleh KPU

Selanjutnya KPU Kebumen akan menggelar rapat pleno penetapan calon terpilih yang akan digelar pada 22 Desember mendatang, dengan catatan tidak ada sengketa hasil pilkada yang diajukan paslon ke Mahkamah Konstitusi (MK). "Kalau ada sengketa di MK, KPU akan menunggu sampai selesai persidangan," imbuhnya.

Meski belum resmi ditetapkan, namun pasangan calon nomor urut dua, Ir HM Yahya Fuad-KH Yazid Mahfudz sepertinya tak terbendung untuk menjadi pasangan bupati-wakil bupati Kebumen periode 2016-2021.

Sesuai rekapitulasi suara berdasarkan formulir Model C1 yang dipublikasikan melalui https://pilkada2015.kpu.go.id/kebumenkab, pasangan nomor urut 2 ini unggul jauh dari dua pasangan lainnya.

Hingga data seratus persen, Mohammad Yahya Fuad-Yazid Mahfudz berhasil meraup 349.733 suara atau 51,12 persen. Disusul Khayub Mohamad Lutfi-Akhmad Bakhrun, memperoleh 289.695 suara atau 42,35 persen. Sedangkan, Bambang Widodo-Sunarto, sebanyak 44.693 suara atau 6,53 persen. (has)  (kebumenekspres.com)